9 Warga Binaan Rutan Salemba dapat Remisi Bebas

Forumterkininews.id, Jakarta – Ratusan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Kelas 1 A mendapat remisi Idul Fitri 1443 H. Sembilan diantaranya mendapat remisi bebas mutlak

“Hari ini 934 warga binaan dapat remisi. Besaran remisi mulai dari 15 hari atau satu bulan 15 hari mereka dapat remisi masa tahanan,” ucap Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Salemba, Jakarta Pusat, Fonika Affandi, Senin (2/5).

Lebih lanjut Fonika mengatakan, ratusan warga binaan yang mendapat remisi tentunya sudah melalui proses administrasi. Salah satunya yakni pemantauan langsung terhadap warga binaan.

“Setelah kita mendapatkan ratusan nama warga binaan yang dapat remisi. Selanjutnya kita ajukan ke Ditjen Pas untuk mendapatkan persetujuan. Setelah itu baru ada kekuatan yang tetap dari Ditjen Pas soal remisi warga binaan,” ujar Fonika.

Lebih lanjut Fonika mengatakan, sembilan narapidana yang mendapat remisi bebas ini umumnya mereka mendekam karena melakukan kriminal umum. Seperti kasus pencurian, judi, dan tindak kejahatan lainnya.

“Saya pesen ke mereka untuk menjadi orang yang benar, tidak mengulangi tindak kejahatan lagi hingga kembali ke masuk ke dalam jeruji besi,” terangnya.

Di tempat yang sama, Adi 40 salah satu warga binaan mengaku senang mendapat remisi bebas di hari Lebaran ini. Dirinya pun sudah kangen terhadap dua anaknya yang masih kecil.

Dirinya mengaku telah melakukan kesalahan, sehingga ketika di dalam dirinya hanya menyesali perbuatan dan terus berbuat baik. Menurut Adi tidak ada satu orangpun yang mau masuk penjara. Namun ketika memang harus masuk, harus dijalani.

Dirinya juga berjanji untuk menjadi lebih baik lagi. Salah satu rencananya saat menghirup udara bebas adalah menjadi sopir angkot.

“Pulang langsung mau peluk istri, dan anak saya. Bebas ini juga nanti mau kerja yang benar yaitu menjadi sopir angkot,” tutupnya.

Artikel Terkait