Aceh dan Sumut Resmi jadi Tuan Rumah PON XXI 2024

FTNews – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, mengatakan Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) resmi menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Dito menyebut, walau sebelumnya sempat terjadi polemik soal anggaran, tapi pada akhirnya DPRD Aceh menyetujui pelaksanaan PON.

“Dan alhamdulillah per 18 Maret kemarin, DPRD Aceh sudah mengetok APBA terkait dengan pelaksanaan PON di Aceh 2024. Jadi sudah tidak adanya kebuntuan dan deadlock terkait anggaran lokal,” ujar Dito dalam laman KemenporaRI.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo. (Foto: KemenporaRI)

Polemik anggaran itu sendiri karena penyelenggaraan PON XXI 2024 berdekatan dengan Pilkada serentak. Dan PON memiliki anggaran kasar sekitar Rp. 2-3 triliun dalam penyelenggaraanya.

Namun, pihak Kemenpora RI sudah melakukan pertemuan dengan Pj Gubernur Aceh beserta DPRD Aceh. Guna membahas tentang PON XXI 2024.

Dan pihak legislatif dan eksekutif Aceh setuju akan tetap mengawal perhelatan olahraga se Indonesia itu.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. (Foto: PON)

Kemudian, Kemenpora RI juga memfokuskan untung anggaran PON XXI 2024 menggunakan aliran dana dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN). Sehingga hal itu tidak dapat mengganggu jalannya Pilkada serentak 2024 mendatang.

Selain PON, Kemenpora RI juga akan menganggendakan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) pada tahun 2024 yang akan berlangsung sama di Sumut dan Aceh.

Untuk PON XXI 2024 sendiri akan berlangsung pada 8-24 September 2024 mendatang. Lalu untuk Pilkada hanya jeda satu bulan yakni, 27 November 2024.

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...