Ahli Ungkap Manfaat Daging Sapi, Tapi Pilih Potongan Ini

FTNews – Banyak penelitian menyebutkan bahwa daging sapi dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti kardiovaskular, jantung, hingga stroke. Sementara, ahli fisiologi olahraga menyebut manfaat daging sapi baik untuk pertumbuhan, perawatan, dan perbaikan tubuh.

Hubungan antara konsumsi daging berlebihan dengan risiko penyakit jantung pernah diungkap dalam sebuah penelitian di Cleveland Clinic. Dalam penelitian tersebut, daging di dalam tubuh dicerna dan membentuk hasil sampingan trimetilamina N-oksida (TMAO).

Ahli fisiologi olahraga Jim White mengatakan, manfaat daging sapi terletak pada kandungan di dalamnya, seperti vitamin B12, zinc, protein, zat besi, klorin, dan selenium. “Bahkan tulang, dalam pembuatan kaldu tulang dan pemanfaatan sumsum, memiliki manfaat nutrisi seperti tambahan kolagen dan kaya akan zat besi,” ujarnya, dikutip Healthline.

Meski demikian, kamu juga perlu memperhatikan label makanan, potongan pilihan, dan kandungan lemak sebelum membeli daging. Berikut ini ulasannya.

Pilih Daging Organik

Manfaat daging sapi di atas bersumber dari pakan organik memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sedikit lebih tinggi. Pakan organik yang dimaksud oleh White berupa rumput dan biji-bijian.

Ini berarti hewan mengkonsumsi rumput di padang terbuka secara organik dan tidak diberikan hormon dan antibiotik apapun. Meskipun daging organik bisa lebih mahal, ini merupakan pilihan yang sedikit lebih sehat.

manfaat daging sapi
Ilustrasi potongan sirloin. Foto: Pexels

Pilihan Potongan

Manfaat daging sapi juga bisa didapatkan dari potongan yang pilih. White merekomendasikan potongan sirloin yang menjadi salah satu potongan daging paling ramping sehingga menjadikannya pilihan bagus dalam pola makan yang sadar kesehatan. White juga merekomendasikan tubuh bagian atas sapi dan pinggang.

“Jika Anda berbelanja di toko daging, carilah potongan daging sapi dengan sedikit lemak di seluruh bagiannya, dan potong lemak dari tepi daging sebelum dimakan untuk mendapatkan porsi protein yang baik dengan lebih sedikit lemak,” ujarnya.

BACA JUGA:   Seseorang dengan "Control Freak" Cenderung Membahayakan
manfaat daging sapi
dagingh sapi dengan banyak lemak. Foto: Shutterstock

Kandungan Lemak

Daging tanpa lemak juga lebih banyak mengandung protein. Ini adalah manfaat daging sapi. Senyawa ini dipecah melalui proses yang disebut denaturasi. 

Perut kita menghasilkan enzim tertentu yang membantu memecah protein menjadi asam amino, seperti pepsin. Pencernaan asam amino berlanjut di usus setelah keluar dari lambung dan kemudian dapat diserap ke dalam aliran darah dan digunakan ke seluruh tubuh.

Artikel Terkait