Ajudan Ketua KPK Mangkir Pemanggilan Soal Dugaan Pemerasan SYL

Forumterkininews.id, Jakarta – Aide de Camp atau ajudan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mangkir dari pemeriksaan terkait klarifikasi atas dugaan kasus pemerasan pimpinan KPK terhadap penanganan perkara Kementerian Pertanian.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya menjadwalkan pemeriksaan pada Rabu, 11 Oktober 2023, namun yang bersangkutan tidak hadir.

Jadwal pemeriksaan tersebut tertuang dalam surat yang kepolisian layangkan kepada yang bersangkutan.

Lebih lanjut adapun alasan yang bersangkutan tidak dapat hadir dalam pemanggilan karena sedang berdinas.

“Memohon penundaan pemeriksaan kepada penyidik karena alasan dinas,” kata Ade Safri.

Sementara itu Ade Safri mengungkapkan pihaknya telah menjadwalkan pemeriksaan ulang pada Jumat, 13 Oktober 2023 besok.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Polda Metro Jaya telah meningkatkan status kasus dugaan pemerasan oleh petinggi KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) ke tahap penyidikan.

Penetapan ini usai gelar perkara pada Jumat (6/10).

“Gelar perkara untuk kepentingan peningkatan status penyelidikan ke tahap penyidikan. Dalam dugaan tipikor berupa pemerasan atau penerimaan gratifikasi terkait penanganan permasalahan hukum di Kementan RI pada sekira kurun waktu tahun 2020 sampai tahun 2023,” ucap Ade Safri.

Setelah itu, pihaknya akan menerbitkan surat perintah penyidikan. Tujuannya untuk mengumpulkan bukti tindak pidana dan mengungkap kasus tersebut serta menemukan tersangkanya.

Artikel Terkait