Akomodir Hak Warga Binaan dalam Pemilu, Rutan Salemba Gelar Perekaman KTP

Forumterkininews.id, Jakarta – Jelang pemilu 2024, ribuan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 A Salemba, Jakarta Pusat mulai menjalani perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik (E-KTP).

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas 1 A Salemba, Jakarta Pusat, Fauzi Harahap mengatakan, pesta rakyat lima tahunan merupakan hak seluruh masyarakat. Termasuk warga binaan yang masih mendekan di dalam rumah tahanan. Untuk itu, sebagai upaya mengakomodir hak para warga binaan, Rutan Salemba bekerjasama dengan Sudin Dukcapil.

“Saat ini warga binaan yang sudah menjalani perekaman e – KTP sebanyak 1.885,” ucap Fauzi Harahap saat , Jumat (3/2).

Lebih lanjut Fauzi mengatakan, kegiatan ini akan terus berlanjut di tiap rumah tahanan (Rutan) dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Jakarta. Nantinya, petugas dari Dinas Dukcapil DKI Jakarta berkeliling untuk melakukan perekaman e-KTP.

“Perekaman e-KTP sampai menjelang pemilu 2024. Kegiatan ini akan terus berlanjut, karena kan ada kegiatan pemindahan narapidana dan penerimaan tahanan baru,” ujarnya.

Kemudian dikatakan, proses perekaman e-KTP dilakukan setelah pihak Rutan Kelas 1 Salemba mengirim data tahanan baru ke pihak Dukcapil untuk dilakukan verifikasi data terlebih dahulu sebelum dilakukan perekaman data (pembuatan e-KTP).

“Rekam data melakukan sistem biometrik dan dokumen data diri. Secara undang-undang warga harus memiliki identitas. Setiap lapas dan rutan tidak semua memiliki NIK (nomor induk kependudukan) tapi ada juga yang miliki NIK. Perekaman e-KTP bagi warga binaan yang tidak memiliki e-KTP,” paparnya.

Artikel Terkait