Anak Tewas di Cinere Miliki Kepribadian Skizoid

Forumterkininews.id, Jakarta – Asosiasi Psikologi Forensik (Apsifor) mengungkap kepribadian David Ariyanto Wibowo alias DAW (38), anak yang ditemukan tewas di Perum Bukit Cinere Indah, Jalan Pesanggrahan No.39 Cinere, Kota Depok, pada Selasa (12/9) lalu.

Ketua Apsifor, Nathanael E.J Sumampouw mengatakan bahwa berdasarkan pemeriksaan, pihanya menemukan indikasi bahwa David memiliki ciri kepribadian skizoid.

“Pada anak, yaitu saudara David, kami menemukan ada indikasi yang kuat ciri kepribadian skizoid yang indikatornya adalah tertutup, menyendiri, adanya kecemasan sosial, ada kesepian, ada pasif dalam mengarahkan diri di lingkungan sosialnya,” kata Nathanael, di Mapolda Metro Jaya, pada Jumat (6/10).

Lebih lanjut, Nathanael mengatakan bahwa David mengalami frustasi yang berkembang menjadi depresi.

“Yang bersangkutan (David) juga menyadari ada masalah, isu kesehatan mental dalam keluarganya. Baik dirinya maupun ibunya. Kemudian adanya pandangan skeptik dalam memandang kehidupan. Yang mengarahkan pada kami menemukan adanya indikasi, ide terkait dengan bunuh diri pada saudara ini,” ucap Nathanael.

Korban David dalam kehidupannya, kata Nathanael lebih banyak menghabiskan waktu dalam dunia digitalnya.

“Perilaku keseharian David ini lebih berorientasi pada diri sendiri, bisa dikatakan hampir 24 jamnya di dunia digital. Di laptopnya kami temukan juga situs yang diakses, perilaku David secara virtual, lagu yang didengarkan, cuplikan film yang ditonton, dan sebagainya,” papar Nathanael.

Kemudian, dari dari dunia digital David tersebut lah pihaknya menemulan catatan yang mengarah pada kematian.

“Kami  menemukan bahwa anak ini patuh kepada orangtuanya. Namun dalam situasi akhir kehidupannya, dalam kondisi depresi, kami menemukan catatan yang dibuatnya. Salah satunya yang diketik melalui laptopnya yang menunjukkan ajakan untuk mengakhiri hidup,” ujar Nathanael.

Artikel Terkait