Anies, Gubernur Pertama yang Serahkan Tanah dan Air di Titik Nol IKN

Forumterkininews.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi gubernur pertama yang menyerahkan tanah dan air yang dibawa dari DKI Jakarta kepada Presiden Jokowi. Tanah dan air ini untuk dimasukkan ke Bejana Nusantara di Titik nol Ibu Kota Negara (IKN) baru di Nusantara, Kalimantan, Senin (14/3).

Diketahui, Anies membawa tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara saat prosesi tersebut.
“Prosesi penyatuan tanah dan air yang dibawa gubernur seluruh Indonesia yang diserahkan ke presiden Indonesia. Selanjutnya dituangkan langsung ke bejana nusantara,” kata pembawa acara seperti dikutip melalui kanal Youtube Setpres, Senin (14/3).

Anies lantas maju membawa wadah berisikan tanah dan air. Wadah itu lantas diserahkan ke Jokowi untuk kemudian di tuangkan ke Bejana Nusantara. Setelah Anies, prosesi dilanjutkan dengan Gubernur lainnya maju satu persatu menyerahkan tanah dan air.

Kampung Akuarium memiliki rekam jejak panjang dalam peralihan kepemimpinan di ibu kota. Warga kampung ini sempat membuat kontrak politik dengan Jokowi pada Pilkada DKI Jakarta 2012.

Saat Jokowi menjadi RI 1, nasib Warga Akuarium justru makin tak jelas. Ahok yang menggantikan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta justru melakukan penggusuran di kampung tersebut

Sebelumnya Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan persnya di Balikpapan, Minggu (13/3) malam, menjelaskan bahwa tanah dan air tersebut sebelumnya telah dibawa oleh gubernur dari masing-masing provinsi.

Artikel Terkait