Anies: Tidak Hanya Ekonomi, Pasar Harus Bisa Jadi Tempat Interaksi Sosial

Forumterkininews.id, Jakarta -Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan berharap keberadaan pasar bisa dimaksimalkan oleh seluruh yang berkepentingan. Mulai dari masyarakat, pedagang dan pegawai pemerintah yang memantau operasional pasar. Hal ini diungkapkan Anies saat meresmikan 4 pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya. Keempatnya yakni Pasar Cipinang Kebembem, Sawah Barat, Tanah Tinggi Poncol, dan Tebet Barat, Kamis (22/9).

Anies mengatakan, semoga pasar di Jakarta bukan sekadar tempat terjadinya interaksi ekonomi, tetapi juga interaksi sosial antarmasyarakat. Di mana, di pasar-pasar tradisional terdapat seni menawar yang menjadi penanda tersendiri.

“Pasar bukan hanya tempat bertemunya penjual-pedagang-pembeli, tetapi tempat untuk berinteraksi antarmasyarakat. Pasar itu jangan sampai hilang, di sinilah suasana Indonesia itu terjaga. Hanya di pasar tradisional ada seni menawar,” tandasnya.

Anies juga mengucapkan rasa syukur atas terselesaikannya pekerjaan besar yang bisa membawa dampak bagi masyarakat luar.

“Alhamdulillah, kita bisa menyaksikan tuntasnya sebuah kerja besar. Menyediakan pasar yang lebih baik, punya dampak yang amat besar bagi peningkatan kesejahteraan dan bagi transaksi perekonomian,” buka Gubernur Anies dalam sambutannya.

Anies menyampaikan, kebutuhan pangan merupakan kebutuhan dasar setiap warga. Sehingga fasilitasnya harus berkualitas serta mampu menjaga pasokan serta harga kebutuhan pangan. Sebab, memastikan pasokan pangan terjamin dengan baik, harga pangan terjamin stabil, serta pasokan pangan yang berkualitas adalah yang dibutuhkan oleh setiap keluarga di Jakarta.

“Jadi, pangan ini lah yang menjadi kebutuhan dasar utama terpenting yang sekarang kita sama-sama disiapkan fasilitasnya. Mudah-mudahan dengan adanya pembaharuan ini, nanti terus yang on going akan dituntaskan, sehingga pasar-pasar kita menjadi pasar yang lebih baik, rapi, lebih bersih,” jelasnya.

“Kalau itu terjadi, Insya Allah mereka yang datang ke tempat ini lebih nyaman, cari parkir lebih mudah, berjalan mencari pilihan juga lebih mudah. Yang bekerja di sini pun merasa lebih nyaman,” tambahnya.

Artikel Terkait