Apple Terus Kembangkan AI, Akan Ada Kerjasama Baru

FTNews – Apple Intelligence pada iOS 18 akan hadir pada akhir tahun ini. Artificial Intelligence (AI) milik Apple ini ternyata bukan satu-saturnya kecerdasan buatan dalam perangkat Apple. Terbaru, Apple kembangkan AI dengan bekerjasama dengan Google.

Apple kembangkan AI
Foto: Google

Kabar ini dibagikan oleh Bloomberg kemarin, Minggu (30/6). Kepala perangkat lunak Apple Craig Federighi bahkan mengisyaratkan kesepakatan dengan Google tak lama setelah pidatonya di WWDC 2024.

Selain rumor kerjasama dengan Google, startup AI asal Amerika Serikat lain Anthropic juga terlibat dalam rumor ini. Apple dilaporkan ingin menjadikan AI sebagai jalan untuk mendapatkan keuntungan langsung. Bukan hanya fitur yang dapat digunakan secara gratis. Ini jadi jalan Apple kembangkan AI.

Namun tampaknya hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat, meskipun Apple Intelligence hanya tersedia untuk iPhone 15 Pro dan Pro Max untuk saat ini. Meski demikian, belum ada kabar pasti AI mana yang akan hadir lebih dulu.

Layanan AI pihak ketiga mungkin berfungsi sebagai solusi sementara yang bagus bagi Apple, selagi perlahan-lahan Apple kembangkan AI miliknya. Bagi pengguna, kabar ini berarti lebih banyak pilihan.

Apple kembangkan AI
ChatGPT. Foto: The Verge

ChatGPT dalam Diri

Apple sebelumnya telah bekerjasama dengan ChatGPT dalam pengembangan AI di perangkatnya. Apple bermitra dengan OpenAI untuk memasukkan ChatGPT ke Siri, perusahaan itu mengumumkan pada WWDC 2024. ChatGPT akan tersedia gratis di iOS 18 dan macOS Sequoia akhir tahun ini tanpa akun.

Kemitraan yang telah lama ditunggu-tunggu ini muncul seiring upaya Apple kembangkan AI dalam perangkatnya. “Kami gembira bermitra dengan Apple untuk menghadirkan ChatGPT kepada pengguna mereka dengan cara baru,” kata CEO OpenAI Sam Altman, seperti keterangan kepada The Verge.

Artikel Terkait

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...

Bukan Google, Gen Z Mulai Gunakan Aplikasi Lain Mencari Informasi di Internet

FT News – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Gen...