Asteroid Sebesar Menara Eiffel Diprediksi Dekati Bumi pada 2029

Forumterkininews.id, London- Sebuah asteroid sebesar Menara Eiffel bernama Apophis dikabarkan sedang menuju ke Bumi. Para ilmuwan Rusia memproyeksikan asteroid Apophis itu akan meluncur melewati Bumi April 2029.

Apophis akan datang dalam 39.000 km (24.000 mil) dari permukaan bumi – dekat dengan jarak di mana satelit televisi beroperasi – menurut perkiraan oleh kementerian darurat Rusia, kantor berita Sputnik melaporkan.

Hal itu sejalan dengan perhitungan sebelumnya oleh badan antariksa AS NASA, yang pada bulan Maret mengesampingkan Apophis yang menabrak Bumi pada tahun 2068 dan diperkirakan akan melewatkannya kurang dari 32.000 km dalam waktu tujuh tahun.

Dengan diameter 340 meter (1.115 kaki), Apophis diambil dari nama dewa kekacauan Mesir kuno. Digambarkan oleh NASA sebagai salah satu asteroid paling berbahaya yang dapat berdampak pada Bumi.

Para peneliti kementerian Rusia memperkirakan jika asteroid itu menabrak Bumi, ia akan melepaskan energi sebesar 1.717 megaton. Itu akan menjadi 30 kali kekuatan Tsar Bomba Soviet yang diuji pada tahun 1961, bom nuklir terbesar yang pernah diledakkan.

Laporan Sputnik, dampak itu menyebabkan gempa berkekuatan 6,5 pada radius 10 km, dengan kecepatan angin 790 meter per detik.

Artikel Terkait

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...

Bukan Google, Gen Z Mulai Gunakan Aplikasi Lain Mencari Informasi di Internet

FT News – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Gen...