Ayah Brigadir J Dukung Hasil Autopsi Ulang di Publik

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebutkan hasil autopsi ulang jenazah Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J dapat dibuka ke publik apabila diperlukan.

Terkait hal ini ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat mendukung hasil autopsi ulang jenazah anaknya dibuka ke publik.

“Kita sangat mendukung dibuka untuk umum hasil autopsi. Biar spekulasi-spekulasi itu hilang, biar transparan,” ujar Samuel Hutabarat, saat dikonfirmasi di Dharmawangsa Square, Jumat (29/7).

Selain itu ia mengatakan soal autopsi ulang hasilnya akan keluar 3-6 minggu.

“Kita tunggu bersama hasilnya nanti kita kawal bersama dan kita serahkan pada ahlinya. Hasilnya nanti 3-4 minggu sampai 6 minggu baru keluar hasilnya. Itulah nanti baru kita paparkan,” ujarnya.

Saat dilakukan autopsi ulang jenazah Brigadir J pada Rabu (27/7), sempat ada pertemuan antara Polda Jambi dan tim forensik yang dibentuk Kapolri. Awalnya, pihak keluarga meminta agar dapat melihat proses autopsi ulang namun dilarang lantaran harus memiliki identitas kesehatan.

“Kami menanyakan memang, soal pertama yang bisa ikut ke dalam (ruang autopsi) menyaksikan ke dalam biar transparansi, beliau-beliau itu mengatakan kami tidak boleh masuk lantaran kami tidak ada identitas kesehatan, yang boleh masuk hanya yang berstatus kesehatan,” ujarnya.

Akhirnya keluarga mengutus dua orang ke dalam ruangan, diantaranya keponakan yang berstatus bidan, serta tetangga yang berstatus dokter.

Artikel Terkait