Ayah Brigadir J Kawal Hasil Autopsi Ulang Jenazah Anaknya

Forumterkininews.id, Jakarta – Ayah Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Samuel Hutabarat mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal hasil autopsi ulang jenazah anaknya. Dia juga akan menyerahkan hasil autopsi itu kepada ahli dokter forensik independen.

Dia pun mempercayai dengan hasil kesimpulan tim dokter forensik independen. Dan menyerahkan sepenuhnya kepada Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia.

“Soal hasil autopsi kita tunggu bersama. Kita tunggu bersama hasilnya nanti. Kita kawal bersama dan kita serahkan pada ahlinya,” kata Samuel dalam keterangannya, Senin (1/8).

“Hasilnya nanti 3-4 minggu sampai 6 minggu baru keluar hasilnya. Itulah nanti baru kita paparkan,” sambungnya.

Samuel mengaku tidak sendiri dalam mengawal penyidikan kasus tewasnya anaknya, Brigadir J. Samuel juga terharu atas dukungan yang diberikan banyak pihak kepada dirinya dan keluarga.

“Saya merasa saat ini saya tidak sendiri di dalam kasus ini. Inikah para pengurus Hutabarat di Jabotabek. Di sinilah dukungan moral dan saya merasa terharu atas dukungan ini,” ujarnya.

Sebelumnya diketahui, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebutkan hasil autopsi ulang jenazah Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J dapat dibuka ke publik apabila diperlukan.

“Banyak pertanyaan ya, karena ada yang mengatakan hasil autopsi itu hanya boleh dibuka atas perintah hakim, menurut saya itu tidak benar, yang benar itu hasil autopsi harus dibuka kalau diminta oleh hakim, tapi kalau tidak diminta, tidak dilarang untuk dibuka,” kata Mahfud kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (29/7).

Ia mengatakan aturan hukum yang ada saat ini tidak melarang apabila hasil autopsi ingin disampaikan kepada publik, termasuk tidak ada aturan yang membatasi agar hasil autopsi hanya bisa dibuka dalam proses persidangan dan sesuai permintaan hakim saja.

BACA JUGA:   Begini Ragam Modus Mafia Tanah Kuasai Lahan di Jakarta dan Bekasi

Sebelumnya, Proses autopsi ulang yang kedua terhadap jasad atau jenazah Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat telah selesai dilakukan dokter forensik independen di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, Rabu (27/7).

Usai proses autopsi yang kedua selama 6 jam dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 Wib. Kemudian dilakukan proses penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke Polres Muaro Jambi untuk dilaksanakan upacara kedinasan di RSUD Muaro Jambi. Belasan anggota kepolisian berdiri di bagian kanan dan kiri tempat melintasnya jasad Brigadir J.

Kemudian perwakilan Polri menyerahkan Jasad yang sudah diautopsi kepada keluarga. Seorang anggota polisi terlihat membawa foto Brigadir J. Di belakangnya anggota membawa peti yang berisi jasad Brigadir J.

Setelah dilakukan upacara kedinasan di RSUD Muaro Jambi, berdasarkan pantauan forumterkininews.id, jenazah Brigadir J dibawa ke makam menggunakan ambulans. Lokasi pemakaman Brigadir J ditempat semula. Yakni di Pemakaman Umum, desa Suka Makmur, Muaro Jambi, Jambi.

Pihak keluarga ikut didalam ambulans yang membawa jenazah Brigadir J untuk dimakamkan atau dikuburkan yang kedua kalinya. []

Artikel Terkait