Begini Cara Dukcapil Rejang Lebong Tingkatkan Layanan Masyarakat

Forumterkininews.id, Bengkulu – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mendukung program jemput bola di 15 kecamatan dengan memperkuat alat rekam data dan percetakan KTP elektronik. Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Dukcapil Rejang Lebong Muradi di Rejang Lebong, dilansir dari Antara, Rabu (3/8) mengatakan peralatan rekam data dan percetakan KTP elektronik ini untuk memudahkan petugas dalam melakukan program jemput bola, terutama bagi warga penyandang disabilitas, lansia, ODGJ maupun warga lainnya yang belum melakukan perekaman data KTP.

Pencetakan KTP bagi kalangan lansia, ODGJ dan disabilitas sangat dibutuhkan terutama untuk pengurusan BPJS Kesehatan, penyaluran bantuan sosial dan lainnya.

“Di sini masih 6.000 lebih warga yang belum melakukan perekaman data KTP elektronik dari jumlah keseluruhan wajib KTP sebanyak 205.946 jiwa,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebelumnya masih kekurangan peralatan pendukung perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

“Peralatan perekaman data KTP elektronik yang kita miliki saat ini tinggal dua unit alat perekaman data dan dua unit alat pencetakan KTP. Jumlah peralatan pendukung yang kita miliki ini masih kurang sehingga proses perekaman maupun pencetakan tidak bisa dilaksanakan cepat,” kata dia.

Dia menjelaskan, peralatan pendukung pencetakan KTP yang mereka miliki merupakan pengadaan beberapa tahun lalu. Sementara itu peralatan yang dibantu oleh pemerintah pusat untuk 15 kecamatan pada 2012 lalu saat ini semuanya tidak bisa digunakan karena sudah rusak.

“Peralatan baru ini nantinya satu paket dengan alat antri, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sampai. Anggarannya berkisar Rp100 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Rejang Lebong 2022,” demikian Muradi.

Artikel Terkait