Bertambah! 21 Saksi Bakal Diperiksa Terkait Kebakaran Museum Nasional

Forumterkininews.id, Jakarta – Penyebab kebakaran Museum Nasional atau yang dikenal Museum Gajah pada beberapa waktu lalu masih terus tim kepolisian dalami.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, saksi yang diperiksa saat ini bertambah.

“Sampai kemarin siang 16 tambah lagi 5 sampai dengan semalam 21 saksi,“ kata Komarudin, saat dihubungi, Selasa (19/9).

Lebih lanjut ia tidak menjelaskan secara detail terkait lima saksi yang baru diperiksa. Namun Komarudin menyatakan dalam mengungkap penyebab kebakaran ini pihaknya perlu hati-hati karena objek terbakar merupakan tempat bersejarah.

“Dalam setiap penanganan kasus kebakaran, kita harus betul-betul mengetahui titik apinya dulu. Berbeda dengan kasus di tempat lain. Perbedaannya kan ini benda bersejarah yang tentunya ada faktor lain yang harus kita ketahui kita dalami ada atau tidaknya barang yang hilang di sana,” ucap Komarudin.

Sebelumnya diberitakan, kepolisian memeriksa 16 saksi untuk mengusut penyebab kebakaran di Museum Nasional.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, pihaknya saat ini telah memeriksa sejumlah saksi.

“Total semuanya sudah 16 orang kami klafirikasi. Jadi sudah kami periksa, klarifikasi, sudah diberkas,” kata Komarudin, dikutip Selasa (19/9).

Lebih lanjut Komarudin mengungkapkan, saksi yang polisi periksa di antaranya pihak museum dan pekerja proyek yang tengah merenovasi gedung. 

“(Saksi) di antaranya adalah security. Kemudian ada karyawan, pekerja yang memang saat itu ada di lokasi pada saat terjadinya kebakaran,” ucap Komarudin.

Sementara itu, pihaknya masih akan terus meminta keterangan dari sejumlah saksi lainnya untuk membuat terang kasus tersebut.

“Tim masih terus bekerja untuk meminta keterangan dari orang-orang ini. Belum ada petunjuk. Masih butuh waktu. Karena tim labfor masih juga masih bekerja. Ya mudah-mudahan bisa segera mengerucut nantinya,” papar Komarudin.

Artikel Terkait