Besok, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol 20 Persen

FTNews – Diskon tarif tol sebesar 20 persen akan diberikan pihak Jasa Marga pada Rabu, (17/4) pukul 05.00 WIB sampai dengan Kamis, (19/4)  pukul 05.00 WIB.

“Potongan ini berlaku untuk perjalanan menerus Semarang hingga Jakarta. Yakni transaksi di Gerbang Tol Kalikangkung menuju Gerbang Tol Cikampek Utama,”ujar pihak Jasa Marga dalam keterangannya.

Sementara itu, data Jasa Marga menyebut kendaraan yang balik atau masuk kembali ke Jakarta sampai dengan 15 April 2024 pukul 06.00 WIB telah mencapai 51,5 persen dari total proyeksi.

Mengatasi itu, pemerintah telah menetapkan langkah antisipatif guna menghadapi puncak arus balik pada h+4 Lebaran serta hari setelahnya di tol Cikampek.

“Hari ini adalah hari puncak kenaikan dari hari sebelumnya. Menjadi paling tidak 190.000 kendaraan yang akan melintas di tol Cikampek dalam 1 hari. Kami telah membuat langkah antisipatif guna menghadapinya,” papar Menhub Budi Karya Sumadi.

Selain itu, juga ada pengalihan ke jalur Jakarta-Cikampek 2 Selatan maksimal 500 kendaraan per jam pada siang dan malam hari.

“Peningkatan keselamatan lajur contraflow juga akan di tingkatkan dengan himbauan kepada pengguna jalan terkait penggunaan lajur Contraflow dan tidak berhenti di bahu jalan,”imbuh Menhub.

Menhub menambahkan tak hanya rekayasa lalu lintas, penyebaran waktu pada arus balik juga perlu agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu tertentu dan ruas tertentu.

Oleh karena itu, Menhub kembali mengingatkan agar masyarakat yang bisa menunda waktu pulangnya agar dapat menunda terlebih dahulu waktu kepulangannya.

“Oleh karenanya masyarakat juga harus mendukung dengan partisipasi masing-masing kondisi. Kalau bisa WFH atau tunda pulang dulu. Bagi ASN, keputusan Presiden untuk memberikan toleransi WFH bagi ASN tolong manfaatkan. Harapannya kepadatan jalan tidak maksimal,” jelas Menhub.

Artikel Terkait