Bikin Diskusi Hoax, Panitia Panja Rakyat Tipu Peserta

Forumterkininews.id, Jakarta – Diskusi Panitia Kerja (Panja) Rakyat ternyata hoax. Penyelenggara tiba tiba membatalkan acara konferensi pers “menggugat investasi GoTo” yang seharusnya digelar di restoran Gado-Gado Boplo Jalan Cikini Raya Jakarta Pusat, Selasa (5/7).

Beberapa pewarta yang hadir merasa ditipu panitia. Padahal undangan sudah disebar sejak pekan lalu melalui sejumlah grup wa.

“Dari awal sebenarnya saya sudah curiga ini diskusi abal abal. Tapi saya penasaran tetap hadir dan akhirnya benar benar kena tipu. Sudah begitu, panitianya kabur menghilang, tidak balas WA,” kata salah satu peserta yang mencoba menghubungi panitia di lokasi acara.

Pihak Gado Gado Boplo menjelaskan seharusnya ada diskusi di ruangan lantai 2. Kursi dan meja juga sudah disiapkan. Tapi, anehnya, panitia tak kunjung memesan makanan dan kemudian tiba tiba membatalkan acara yang sedianya dihadiri oleh Agustinus Edy Kristianto dan Yanuar Rizki sebagai pembicara.

“Iya mas, pihak penyelenggara batalin acaranya mendadak. Padahal sempat dipesan tempatnya,” katanya dengan muka kesal. “Kalau tahu bakal begini, mending gak kita ladenin. Mending buat tamu lain,” katanya lagi.

Lebih aneh lagi, meski acara diskusinya batal, dan pihak pembicara tidak menunjukkan batang hidungnya, panitia tetap membagikan rilis berisi pernyataan dua pengamat itu.

“Kita jadi ketawa sampai mules. Diskusinya batal, pembicaranya tidak nongol, tapi ada rilis dan kutipan si pembicara. Bener bener diskusi dagelan,” kata pewarta lainnya yang tidak ingin disebutkan namanya.

Aksi Serupa Pernah Dilakukan Sebelumnya

Bukan hanya pewarta yang dikadalin panitia. Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah, juga merasa dikerjain karena namanya dicatut secara serampangan sebagai calon pembicara. “Jangankan kirim undangan, memberitahukan saja juga tidak. Saya benar benar kecewa dengan cara cara seperti ini,” kata Piter yang ketika dihubungi sedang melaksanakan Ibadah Haji.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi Lantik Zulkifli Hasan Sebagai Mendag, dan Hadi Tjahjanto Sebagai Kepala BPN

Sekitar sejam sebelum acara, Achmad Al Afgani, panitia yang rajin tebar undangan dari pekan lalu, masih bisa dihubungi. Tapi dia hanya membalas singkat. “Sementara kita tunda dulu acaranya ya,” tuturnya saat dikonfirmasi sejumlah pewarta lewat pesan singkat.

Sebenarnya bukan kali ini saja Achmad Al Afgani membuat diskusi hoax. Orang yang sama sempat bikin heboh acara deklarasi Tito Karnavian sebagai capres. Nomor WA nya juga sama. Tapi, acara tersebut ternyata hanya hoax. Banyak yang kena tipu penyelenggara.

Artikel Terkait