Bila Prabowo-Gibran Menang Pemilu, Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau Bakal Lanjut?

FTNews – Pembangunan jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau diperkirakan bakal berlanjut bila pasangan Prabowo-Gibran menjadi pemenang dalam Pilpres 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Pakar ekonomi Anzori Tawakal, sebab pemerintahan selanjutnya tinggal melanjutkan sisa pembangunan yang sudah berjalan.

“Saya optimis tol Bengkulu-Lubuk Linggau segera dilanjutkan sisa pembangunannya oleh pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya, karena kan juga mengusung keberlanjutan dari pemerintahan sebelumnya,” katanya kepada awak media.

Meski begitu, ia mengatakan keoptimisan itu harus diikuti upaya pemerintahan provinsi, kabupaten, kota, dan seluruh elemen pemangku kepentingan serta masyarakat agar Prabowo-Gibran bisa diyakinkan.

Saat ini, masih ada dua dari tiga seksi tol yang belum dibangun.

“Namun harus diikuti dengan strategi, yakni harus meyakinkan betul pemerintahan yang baru. Masyarakat Bengkulu dan semua elemen, pemerintahan daerah, anggota DPD RI, DPR RI dari Bengkulu, termasuk para calon investor harus meyakinkan Pemerintah Pusat tol ini agar dilanjutkan,” kata dia.

Menurutnya, keberadaan tol itu penting bagi Bengkulu, sebab nantinya bisa menghubungkan Pulau Sumatra bagian tengah dan selatan ke Bengkulu.

“Tol ini membuka akses Sumatra bagian tengah dan selatan yang berada di lintas tengah Pulau Sumatra ke koridor tol laut perairan barat Sumatra, langsung terhubung ke Samudera Hindia. Ketika akses ini terbuka, seluruh sektor termasuk industri akan tumbuh oesat di Bengkulu,” ucapnya.

Ia mengemukakan, ketika akses Bengkulu ke jalur tengah Pulau Sumatra telah terkoneksi dengan tol, maka akan memangkas waktu tempuh dari sekitar 6-7 jam kalau menggunakan jalan konvensional menjadi sekitar 30-40 menit saja bila melalui tol.

“Semakin terbuka akses, maka wilayah itu pertumbuhan penduduknya juga semakin cepat, perjalanan dari dan ke Bengkulu semakin banyak. Hal ini membuka minat sektor industri untuk melirik Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Artikel Terkait

Bengkulu Keluar dari ‘Grup 10 Besar Daerah Inflasi Tertinggi’, Denny: Sekarang Kategori Ideal

FTNews, Bengkulu--- Berkat kerja keras, akhirnya Provinsi Bengkulu berhasil...

Harga Tomat Anjlok, KAGAMA Bengkulu Salurkan 3 Ton Tomat Gratis ke Warga

FTNews, Bengkulu--- Guna mendukung kelangsungan perekonomian hasil tani di...

Kepatuhan Bayar Pajak Kendaraan Masih Rendah, Ini Upaya yang Dilakukan

FTNews ---- Kepatuhan masyarakat Bengkulu dalam membayar Pajak Kendaraan...

Kabar Gembira! Disperdag Sediakan Bantuan untuk Toko Kelontong dan Warung, segera Daftar!

FTNews, Kota Bengkulu--- Kabar gembira untuk masyarakat Kota Bengkulu...