Buku Kisah Buya Hamka Karya Akmal Nasery Diluncurkan

Forumterkininews.id, Jakarta – Buku tentang kisah hidup Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah (1908-1961), atau yang dikenal dengan panggilan Buya Hamka berjudul “Serangkai Makna di Mihrab Ulama” karya penulis Akmal Nasery Basral resmi diluncurkan.

“Serangkai Makna di Mihrab Ulama” merupakan dwilogi kisah Buya Hamka setelah buku pertama Setangkai Pena di Taman Pujangga yang terbit persis sebelum pandemi (Maret 2020). Sekuel Serangkai Makna di Mihrab Ulama mengisahkan periode hidup Buya Hamka saat berumur 31 tahun sampai wafat di usia 73 tahun (1981).

Buku Ini beririsan sejarah Indonesia menjelang masuknya tentara Jepang ke Tanah Air, proklamasi kemerdekaan, dan masa revolusi fisik (1945-1949), gejolak politik domestik tahun 1950-an ketika Hamka menjadi salah seorang anggota Konstituante, era 1960-an yang panas membara dengan pemberontakan PKI (Hamka dipenjara selama hampir 2,5 tahun tanpa pengadilan).

Juga runtuhnya Orde Lama, munculnya Orde Baru dengan Buya Hamka sebagai salah seorang ulama terpenting, pembentukan Majelis Ulama Indonesia (1975) yang menempatkannya sebagai ketua umum pertama, sekaligus sampai akhir hayatnya di tahun 1981.

Serangkai Makna di Mihrab Ulama adalah karya ke-24 Akmal Nasery Basral, sastrawan berdarah Minangkabau yang tahun lalu mendapat Penghargaan National Writers Award 2021 dari Perkumpulan Penulis Nasional Satupena, bersama sejumlah penulis lainnya (fiksi dan nonfiksi).

“Seluruh royalti dari dwilogi Buya Hamka ini akan saya donasikan untuk program pengembangan masyarakat di Kepulauan Mentawai melalui program yang dijalankan ACT (Aksi Cepat Tanggap) Pusat,” ujarnya.

“Ini untuk menunjukkan bahwa sosok besar kaliber internasional seperti Buya sampai beliau sudah wafat dan fisiknya tak ada di antara masyarakat, kisah hidupnya masih bisa memberikan manfaat kepada umat. Alhamdulillah ahli waris keluarga Buya Hamka pun setuju dengan niat saya ini,” lanjut Akmal.

BACA JUGA:   Girl Grup G-reyish Bubar Usai 4 Tahun Debut

 

Artikel Terkait