Canggih! Jepang Gunakan Cacing untuk Deteksi Kanker

Forumterkininews.id, Tokyo – Perusahaan Teknologi Jepang telah mengembangkan penelitian dengan menggunakan cacing kecil untuk mendeteksi tanda-tanda awal kanker pankreas dalam urin.

Hirotsu Bio Science telah memodifikasi secara genetik sejenis cacing yang disebut C elegans yang panjangnya sekitar 1 mm, dengan indra penciuman yang tajam, untuk bereaksi terhadap urin penderita kanker pankreas, yang terkenal sulit dideteksi sejak dini.

“Ini adalah kemajuan teknologi yang besar,” kata CEO Takaaki Hirotsu, dalam konferensi pers, Rabu (17/11) dikutip AFP.

Perusahaan yang berbasis di Tokyo itu telah menggunakan cacing untuk mendeteksi kanker dalam tes skrining, meskipun tanpa menentukan jenisnya.

“Tes baru ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosis kanker pankreas, tetapi dapat membantu meningkatkan skrining rutin karena sampel urin dapat dikumpulkan di rumah tanpa perlu mengunjungi rumah sakit,” kata Hirotsu lagi.

Dia berharap ini dapat membantu meningkatkan tingkat deteksi kanker di Jepang, yang seperti banyak negara telah mengalami penurunan tingkat skrining selama pandemi karena lebih sedikit orang yang melakukan pemeriksaan medis.

Artikel Terkait