Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi, Agar Selalu Awet Muda

FTNews – Terlihat awet muda menjadi keinginan banyak orang. Sayangnya, keinginan tidak selalu berbanding lurus dengan kenyataan. Salah satu tanda penuaan adalah munculnya kerutan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kerutan di dahi.

Kerutan bisa muncul karena paparan polusi, dehidrasi dan kulit tidak sehat. Keberadaannya sering kali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dengan penampilan.

Meskipun kerutan merupakan proses alami tubuh, akan tetapi ada berbagai kebiasaan yang membuat kerutan muncul, sepeti sering mengonsumsi makanan manis, salah teknik mencuci wajah, hingga menggunakan makeup berlebihan. Jika sudah terlanjur terjadi, berikut ini tips menghilangkan kerutan di dahi.

Menghilangkan kerutan di dahi
Ilustrasi penggunaan sunscreen. Foto: Pexels

Gunakan Sunscreen 

Studi dalam jurnal Annals of Internal Medicine mengungkapkan bahwa pemakaian sunscreen dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan. Kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF di atas 30.

Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Mengonsumsi buah seperti blueberry, strawberry, Ceri, Raspberry, jeruk, anggur merah, dan mangga akan membantu kulit sehat dari dalam dan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Antioksidan juga berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit.

Menghilangkan kerutan di dahi
Ilustrasi mencuci muka dengan lembut. Foto: Pexels

Posisi Tidur

Cara menghilangkan kerutan di dahi selanjutnya adalah mengubah posisi tidur. Studi dalam Aesthetic Surgery Journal menyebut, posisi tidur dapat menyebabkan kerutan di wajah karena adanya tekanan.

Posisi tidur yang disarankan adalah telentang, karena tekanan pada kulit  tersebar lebih merata. Selain itu, mengurangi terbentuknya kerutan akibat tekanan berlebihan.

Cuci Wajah dengan Lembut

Mencuci wajah dengan teratur dalam mengangkat kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup yang dapat menyumbat pori-pori. Pori-pori yang bersih memungkinkan produk perawatan kulit lebih mudah diserap oleh kulit, sehingga membantu menghilangkan kerutan di dahi.

BACA JUGA:   Mudah Dicari! Ini Bahan Rumahan untuk Mengatasi Bibir Kering

Meski demikian, kamu perlu memperhatikan teknik dalam mencuci wajah. Hindari mencuci wajah dengan gerakan kasar, sebab akan memicu kerutan di bawah area mata, dahi, dan leher. Selain itu, bisa membuat kulit menjadi tipis.

Artikel Terkait