Demi Hadiri Penetapan Presiden Terpilih, AHY Ambil Cuti Menteri

FTNews – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir dalam penetapan presiden terpilih oleh KPU. Ia mengaku mengambil cuti demi hadiri acara tersebut.

AHY mengaku mendapatkan undangan dari KPU untuk menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden 2024. “Untuk itu hari ini saya sebenarnya mengambil cuti dalam posisi saya sebagai Menteri ATR kepala BPN,” ujarnya dalam konferensi pers di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu (24/4)

Dengan demikian, sebagai ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju, AHY menyatakan siap menyukseskan kebijakan presiden dan wakil presiden terpilih dalam 5 tahun kedepan.

“Partai Demokrat juga menyatakan siap untuk mengawal dan menuntaskan kerja-kerja pemerintahan hingga akhir masa baktinya untuk itu kami mengajak seluruh komponen masyarakat Indonesia untuk ikut serta menyukseskan masa transisi pemerintahan ini,” jelasnya.

AHY dilantik sebagai menteri ATR/BPN oleh Presiden Jokowi pada 21 Februari 2024. Dia menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang dalam hari sama juga dilantik sebagai Menko Polhukam.

KPU Resmi Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wapres

Ketua KPU Hasyim Asy’ari memimpin langsung rapa pleno penetapan presiden dan wapres terpilih, hari ini di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

“KPU menetapkan pasangan calon Presiden dan Wapres nomor urut 2 bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai paslon presiden dan wapres terpilih tahun 2024 – 2029,”ujar Hasyim Asy’ari dalam sidang pleno.

Prabowo-Gibran menjadi pemenang Pilpres 2024 dengan 96.214.691 suara atau 58,59% dari total suara sah. Dengan demikian, Mereka akan menjalani pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada Oktober mendatang.

Artikel Terkait