Diduga Buat Pengaduan Palsu di MKD, Dian Istiqomah Laporkan Empat Orang ke Polisi

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebanyak empat orang dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Dian Istiqomah. Akibat diduga membuat pengaduan palsu di majelis kehormatan dewan (MKD), pada Kamis (27/10).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan empat orang yang dilaporkan. Mereka adalah Deni A, Thodi Indra Sutami, Angga Ramadhana, dan Adirianto D.

“Laporan diterima oleh Polda Metro Jaya dengan Nomor Laporan LP/B/5478/X/2022/SPKT Polda Metro Jaya,” kata Zulpan, dalam keterangannya, pada Jumat (28/10).

Lebih lanjut ia mengatakan kronologis kejadian ini bermula saat pelapor (Dian) mendapati surat pengaduan masyarakat bernomor 038/DUMAS/MPH/X/2022 tanggal 10 Oktober 2022 yang dilaporkan Perkumpulan Masyarakat Peduli Hukum (PMPH).

Surat pengaduan PMPH tersebut ditujukan kepada Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan ditembuskan kepada MKD, Ketua DPR-RI, Ketua Umum PAN, Ketua Komisi II DPR, Jampidum, hingga Bareskrim Polri.

“Dalam pengaduan tersebut Dian Istiqomah dituduh melakukan pemalsuan dokumen, penyalahgunaan fasilitas negara. Serta penyelewengan anggaran reses yang diperoleh semasa menjabat anggota DPR dan mempergunakannya untuk kepentingan pribadi,” ucap Zulpan.

Atas pengaduan tersebut Dian Istiqomah merasa dirugikan oleh pelapor PMPH.  Dian menyebut pengaduan PMPH ini adalah pengaduan palsu dan merupakan fitnah, pencemaran nama baik.

“Pelapor merasa difitnah dan dicemarkan nama baiknya, sehingga pelapor melapor ke SPKT Polda Metro Jaya,” ujar Zulpan.

Terkait hal ini empat orang tersebut dilaporkan dengan pasal 310 KUHP dan atau Pasal 317 KUHP. mengenai fitnah dan atau pencemaran nama baik dan atau pengaduan palsu.

Artikel Terkait

Polisi Tembak Pelaku Begal yang Rampok Sepasang Kekasih di Medan

FT News - Polisi menangkap pelaku perampokan yang membegal...

Polsek Patumbak Tembak Residivis Curanmor

FT News - Polisi menembak residivis pencurian sepeda motor...

Korban Penganiayaan Desak Polisi Serahkan Tersangka ke Jaksa

FT News - Korban penganiayaan, Erika Tresia Siringoringo (24)...

Hendak Tawuran, 8 Pelajar Bawa Sajam di Tangerang Ditangkap

Delapan pelajar diduga hendak melakukan tawuran ditangkap polisi. Para...