Diretas, Layanan Tautan ‘Link’ Milik Discord Dihentikan Sementara

Forumterkininews.id, Jakarta – Layanan tautan ‘Link’ milik Discord dihentikan sementara karena adanya peretasan. Akibatnya 760.000 data pengguna Discord.io dicuri pada Senin (14/8) lalu.

Discord.io merupakan pihak ketiga yang memungkinkan pemilik dari server membuat undangan khusus ke saluran yang mereka miliki. Komunitas-komunitas tersebut dibangun di sekitar server Discord yang berisi lebih dari 14.000 anggota.

Dalam situs resminya, Discord.io mengaku mengetahui pertama kali kebocoran data tersebut dari unggahan di forum peretas. Setelah mengetahui kebocoran data tersebut, dengan segera pihak Discord.io mengonfirmasi keaslian data yang bocor dan menutup layanan untuk sementara waktu, serta membatalkan semua keanggotaan berbayar.

“Discord.io telah mengalami pembobolan data. Kami menghentikan semua operasi untuk sementara waktu,” kata Discord.io dalam situs resminya.

Pihak Discord.io menyebut, kemungkinan peretas sudah memiliki informasi pribadi milik pengguna seperti, nama akun Discord, nama pengguna (ID), foto profil, alamat email, alamat penagihan pembayaran, informasi registrasi, dan kata sandi. Data-data yang sudah peretas curi mereka unggah dan jual ke dark web.

Discord.io kini melakukan investigasi atas peretasan tersebut. Mereka berjanji merombak sistem web dan memastikan insiden serupa tidak terjadi lagi.

Mereka mengimbau penggunanya yang sudah memakai layanan mereka sejak tahun 2018 segera mengganti kata sandi.

Peretas kabarnya menghubungi Discord.io. Namun peretas belum mengakui caranya membobol sistem tersebut. Kini, Discord.io telah membatalkan semua transaksi serta akan mengembalikan dana yang telah membeli akses layanan premium Discord.io dalam kurun waktu 30 hari terakhir.

Pihaknya juga memastikan data pembayaran tidak ikut serta diretas karena data-data tersebut tersimpan baik oleh pihak lainnya seperti PayPal dan Stripe. Belum diketahui pasti sampai kapan penutupan sementara layanan pembuat tautan ‘link’ Discord.io dilakukan.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...