Dirut MRT Pilihan Anies Dicopot Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono

Forumterkininews.id, Jakarta – Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mencopot Direktur Utama PT MRT Mohamad Aprindy, Rabu (26/10). Posisi Direktur Utama PT MRT diisi Tuhiyat.Pencopotan Aprindy ini berdasarkan Keputusan Para Pemegang Saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang ditandatangani pada tanggal 25 Oktober 2022.

Selain itu, orang kepercayaan Jokowi tersebut mengembalikan William Sabandar ke jajaran PT MRT Jakarta sebagai Komisaris. William sendiri sempat menjadi Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta sebelum akhirnya dicopot eks Gubernur Anies Baswedan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Fitria Rahadiani mengatakan dikembalikannya William ke perusahaan bidang angkutan umum berbasis rel itu demi memudahkan pencarian pendanaan. William diharapkan bisa membantu jajaran direksi melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

“Pak William punya pengalaman yang cukup lama di MRT yang mungkin bisa membantu perkuatan koordinasi pendanaan tersebut,” ujar Fitria saat dikonfirmasi, Kamis (27/10).

Ia mengakui butuh kemampuan William untuk kelancaran proyek pembangunan MRT fase 2 dan seterusnya. Apalagi, William memiliki rekam jejak positif saat menjadi Dirut selama enam tahun.

“Sebenarnya upaya untuk menyegarkan di jajaran pengurus direksi maupun komisaris itu mungkin saya sebutkan di keterangan pers itu memang untuk mendukung perkuatan pendanaan bagi perseroan,” tuturnya.

Pergantian Jabatan untuk Penyegaran

Namun, ia menganggap penggantian jabatan dalam BUMD DKI adalah hal yang biasa demi melakukan penyegaran. Pemilihan sosok baru disebutnya bisa dilakukan asalkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

PT MRT Jakarta (Perseroda) merupakan BUMD dengan 99,70 persen sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kemudian sisanya dimiliki oleh PT Jakarta Propertindo (Perseroda).

Kemudian, Heru menunjuk Tuhiyat menjadi Direktur Utama PT MRT Jakarta menggantikan Aprindy. Kebijakan Heru ini dilakukan tepat di hari kesembilannya menjabat sebagai Penjabat Gubernur Jakarta.

BACA JUGA:   Kepala Otorita IKN: Sudah Ada Tiga Investor Siap Bangun Perumahan di Kawasan IKN

“Penggantian Direktur Utama, Komisaris Utama, dan anggota komisaris dilakukan sesuai prosedur,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengawas Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD).

Selanjutnya, penggantian jabatan juga terjadi pada jajaran Dewan Komisaris PT MRT Jakarta. Yaitu dengan diangkatnya Dodik Wijanarko sebagai Komisaris Utama, Bambang Kristiyono sebagai Komisaris, dan William P Sabandar sebagai Komisaris.

“Diharapkan dapat memberikan arahan dan masukan kepada Direksi dalam kaitannya dengan proses pembangunan MRT Jakarta Fase 2. Juga pada fase-fase berikutnya,” ucapnya.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...