Dokter Forensik RSCM Pimpin Proses Autopsi Kedua Jenazah Brigadir J

Forumterkininews.id, Muarojambi – Kepala Departemen Forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Dokter Ade Firmansyah memimpin proses autopsi kedua jenazah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Diketahui, proses autopsi ulang itu dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Muaro Jambi, Jambi Rabu (27/7).

“Dokter Ade Firmansyah Sugiarto, ketua tim kedokteran forensik yang melakukan ekshumasi dan autopsi,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, Rabu (27/7).

Dokter Ade juga merupakan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI). Meski demikian, Dedi belum menjelaskan detail jumlah dokter forensik yang terlibat dalam proses autopsi ulang jenazah Brigadir J.

Hal yang sama juga, Irjen Dedi belum mengetahui terkait lamanya proses autopsi terhadap Brigadir J hingga hasilnya diperoleh tim forensik. Dedi mengatakan, seluruh teknis pemeriksaan autopsi akan disampaikan oleh Ketua Tim Forensik.

“Ya nanti dari dokter Ade yang langsung melaksanakan autopsi ulang yang berkompeten yang bisa menyampaikan,” jelasnya.

Untuk informasi, Brigadir J tewas pada Jumat 8 Juli 2022 lalu. Menurut versi kepolisian, Brigadir J yang merupakan sopir dinas istri Kadiv Propam Polri non-aktif Irjen Ferdy Sambo itu, tewas setelah baku tembak dengan ajudan bernama Bharada E.

Baku tembak itu disebut polri terjadi di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Menurut keterangan polisi, Brigadir J tewas ditembak lantaran akan melakukan pelecehan dan penodongan pistol kepada istri dari Irjen Ferdy Sambo.

Dalam kasus ini, pihak kuasa hukum menemukan sejumlah kejanggalan. Di antaranya adalah soal hasil autopsi yang dilakukan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Menurut pengacara, di tubuh Brigadir J bukan hanya luka tembak. Melainkan luka lain di bagian wajah, leher, ketiak, hingga kaki. Hal tersebut yang menjadi dasar pihak keluarga meminta dilakukan autopsi ulang kepada jenazah Brigadir J.

Artikel Terkait