DPR Ajak Jepang Investasi Proyek IKN Nusantara

Forumterkininews.id, Tokyo- DPR RI mengajak pemeritah Jepang untuk turut berinvestasi dalam proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

Hal itu disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Selasa (10/10).

“Jepang dapat ikut berinvestasi dalam pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan. Apalagi dalam revisi Undang-Undang (UU) Nomor 3 tahun 2022 tentang IKN, investor punya hak guna usaha (HGU) hingga 190 tahun,”kata Puan dalam keterangannya.

Puan dalam kesempatan itu, juga mendorong komitmen perusahaan otomotif Jepang untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi, khususnya untuk kendaraan listrik.

Yang mana saat ini, Pemerintah Indonesia tengah menggencarkan penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi pemanasan global.

“Tentunya kami berharap Jepang dapat menjadi sahabat yang turut berinvestasi di Indonesia dalam berbagai sektor. Seperti di bidang otomotif, maupun juga dalam pembangunan IKN Nusantara yang sudah berjalan,” kata Puan.

Indonesia sendiri kini terus berupaya membuka peluang kerja sama agar menguntungkan bagi kedua negara. Puan juga menyebut, ekonomi Indonesia sendiri dalam sepuluh tahun terakhir sudah mengalami banyak kemajuan.

Lebih lanjut, Puan mendorong agar Jepang dapat menerima lebih banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ia mengatakan, kehadiran PMI dapat berkontribusi untuk kedua negara.

Menurut data dari Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), jumlah PMI yang berada di Jepang pada tahun 2023 mencapai 70.301 orang. Jumlah ini meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 36.000 orang pada tahun 2022.

Artikel Terkait