DPR: Problem Stunting Tak Akan Selesai jika Sanitasi Buruk

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi IX DPR RI, Ratu Ngadu Bonu Wulla menilai persoalan stunting tidak akan selesai. Hal ini jika penanganan sanitasi dan air bersih masih buruk.

“Ketika ada air, masyarakat berpikir mau cuci tangan atau mau minum. Mereka rela untuk minum daripada cuci tangan. Ketika makan juga otomatis tidak dalam keadaan bersih dan sehat. Ini jadi persoalan ya pak,” katanya saat Rapat kerja dengan Menkes dan BPOM di Gedung DPR, Senin (7/11).

Karena hal itu lah, dirinya mendukung Kemenkes untuk bekerja sama dengan Kementerian PUPR dalam mengatasi permasalahan air bersih, sanitasi, serta rumah tidak layak huni.

Ia menilai, rumah layak huni sangat penting dan juga berpengaruh terhadap persoalan stunting.

“Saya sangat geregetan ya. Di daerah saya itu sangat kurang sekali perhatian yang dilakukan. Apalagi terkait rumah layak huni,”ujar Anggota DPR Dapil Nusa Tenggara Timur II itu.

”Ini masih sangat terbatas.  Jadi, kita berteriak. Kita lakukan seruan moral. Kita lakukan kampanye stunting, tapi kalau masyarakat hidup di tempat yang tidak layak, juga menjadi persoalan,”tambahnya lagi.

Lebih lanjut, Ratu meminta Kemenkes dan stakeholder terkait untuk lebih menggaungkan lagi persoalan stunting ini.

“Masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengerti apa itu stunting. Sehingg  program sebaik apapun, tidak akan efektif jika masyarakat sendiri belum mengerti apa itu stunting,”tandasnya.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...