Dua Tahun Tanpa Prestasi, Fraksi PKB Dukung Pergantian Kepala BRIN

Forumterkininews.id, Jakarta – Dianggap tak ada kemajuan dan hanya timbulkan kontroversi, Fraksi PKB DPR RI mendukung rekomendasi Komisi VII DPR RI. Dukungan ini terkait pencopotan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko.

“Kami mendukung penuh putusan rapat Komisi VII DPR untuk menganti Kepala BRIN. Kami menilai hingga hampir dua tahun waktu berjalan belum ada kemajuan signifikan terkait konsolidasi kelembagaan maupun kebijakan dari BRIN. Yang ada malah kontroversi dan ketidakprofesionalan dari para pejabat BRIN,” ujar Anggota Komisi VII Fraksi PKB DPR RI Syaikhul Islam Ali, Rabu (1/2).

Syaikhu mengatakan, salah satu upaya cepat untuk menyelamatkan BRIN adalah dengan mengganti sosok kepala BRIN Laksana Tri Handoko dengan yang lebih berkompeten.

Dia pun menyarankan agar pertimbangan kapabilitas dan profesional harus ditonjolkan dalam memilih Kepala BRIN yang baru alih-alih pertimbangan politis.

“Sebagai seorang manajer bisa saja kepala BRIN tidak harus berlatar seorang peneliti. Tetapi seorang manajer profesional untuk memastikan konsolidasi kelembagaan bisa dilakukan dengan seksama. Kita tahu bersama seperti menteri kesehatan, meskipun tidak berlatar sebagai seorang dokter ternyata mampu memperbaiki kinerja dari Kementerian. Terutama dalam menghadapi situasi pandemi kemarin,” tandasnya.

Untuk diketahui, Komisi VII DPR RI merekomendasikan dua hal penting setelah melakukan rapat kerja dengan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Selasa (31/1).

Rekomendasi tersebut meliputi pencopotan Kepala BRIN dan mengundang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit. Ini dilakukan khusus terhadap penggunaan anggaran BRIN tahun 2022.

Artikel Terkait