Elektabilitas Suswono di Jakarta Menguat Dua Digit dari Survei Sebelumnya, Ada Faktor Pemilih Anies Baswedan 

FTNews – Survei terbaru memperlihat elektabilitas calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 1, Suswono mengalami menguat hingga 27,6 persen.

Jajak pendapat ini dilakukan oleh Poltracking Indonesia pada 9-15 September 2024. Survei dirilis hari ini, Jumat (27/9).

Pada simulasi Tunggal Calon Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Suswono berada diperingkat dua di bawah Rano Karno yang memperoleh elektabilitas 37,6 persen. Sementara, Kun Wardana Abyoto dengan 4,8 persen.

Pasangan calon gubernur Jakarta nomor urut satu Ridwan Kamil-Suswono dalam acara Dialog Para Cagub & Cawagub DKI 2024-2029 bersama Forum Purna Pejabat Pemda DKI Jakarta di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (26/9). FTNews/Muhamad Nur Alfiyan

Berdasarkan hasil ini, Generasi X cenderung memilih kepada Ridwan Kamil – Suswono.

Selain itu, angka pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendukung Ridwan Kamil-Suswono juga cukup besar yaitu, 15,8 persen.

Serta, sebanyak 45 persen warga juga akan memilih Rido. Jumlah ini hadir dari warga yang puas dengan pemerintah Anies Baswedan sebagai gubernur Jakarta.

Dalam survei yang sama, simulasi Tunggal Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta, elektabilitas Ridwan Kamil berada di posisi pertama dengan 48,9 persen, Pramono Anung (22,1 persen), dan Dharma Pongrekun (4,1 persen).

Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono menandatangani Piagam Deklarasi Kampanye Damai Pilkada DKI Jakarta di Kawasan Kota Tua Jakarta, Selasa (24/9). FTNews / Muhamad Nur Alfiyan

Jumlah responden dalam survei ini sebagai 1200 dengan margin of eror sebesar 2,9 persen.

Sebelumnya, jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilaksanakan pada 6-12 September 2024, elektabilitas Suswono berada di urutan paling bawah dengan 0,2 persen.

Sementara, RK berada di peringkat satu dengan elektabilitas 44 persen.

Artikel Terkait

Wuih, Raffi Ahmad Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Thailand

Raffi Ahmad baru saja mendapat gelar kehormatan dari Thailand....

Bakal Balik Laporkan Temannya, Chikita Meidy: Jangan Ditantang-tantang Lah

Chikita Meidy kecewa dilaporkan teman sekaligus rekan bisnisnya ke...

Dilaporkan Rekan Bisnis, Chikita Meidy Kecewa: Terdengar Lucu Ya

Chikita Meidy kaget dilaporkan atas dugaan kasus pencemaran nama...