Evaluasi Tiga Hari Operasi Patuh Jaya, Ribuan Pengendara Kena Tindak

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi telah melakukan Operasi Patuh Jaya 2023 selama tiga hari di wilayah Jakarta. Sebanyak ribuan pengendara mendapat penindakan dari polisi usai melanggar peraturan lalu lintas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa penindakan yang diberikan tersebut. Diantaranya yaitu ditilang dan diberikan teguran.

“Selama tiga hari pelaksanaan sebanyak 1.358 pelanggaran ditilang dan 7.320 pelanggaran lainnya diberikan teguran,” kata Trunoyudo, dalam keterangannya, pada Kamis (13/7).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa adapun dalam tiga hari tersebut pihaknya menangani sebanyak 517 perkara pada hari pertama. Kemudian 345 perkara pada hari kedua dan 496 perkara pada hari ketiga.

Sementara itu ia mengatakan bahwa pelanggaran yang ditilang sendiri merupakan jenis pelanggaran yang masuk ke dalam 14 target Operasi Patuh Jaya.

“Pelanggaran terbanyak pada kendaraan sepeda motor sendiri yakni tidak menggunakan helm 370 pelanggaran dan melawan arus 373 pelanggaran,” ucap Trunoyudo.

Selain itu terdapat pelanggaran untuk kendaraan roda empat yang tidak menggunakan safety belt sebanyak 420 pelanggaran. Berkendara melebihi kecepatan 29 pelanggaran, dan 22 pelanggaran berupa memainkan ponsel saat berkendara.

Baca Juga: Operasi Patuh Jaya 2023, Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2023 di wilayah hukumnya selama dua pekan, mulai Senin, 10 Juli hingga 23 Juli 2023 mendatang. Ribuan personel gabungan dikerahkan dalam kegiatan ini.

“Selama 14 hari ke depan operasi Patuh Jaya akan dilaksanakan. Dengan melibatkan 2.938 personel yang merupakan gabungan,” kata Karyoto, di Mapolda Metro Jaya, pada Senin (10/7).

“Gabungan berasal dari personel Polda Metro Jaya dan Polres jajaran, TNI, Dishub Provinsi DKI Jakarta, dinas pekerjaan umum provinsi DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta, organisasi angkutan darat dan transportasi DKI Jakarta,” ucap Karyoto.

BACA JUGA:   Pendapatan Siskaeee Pamer Kemaluan Setahun Rp2 Miliar

Kapolda Metro Jaya mengharapkan agar dalam kegiatan Operasi Patuh Jaya 2023 ini seluruh personel dapat bersinergi. Dalam mengatasi masalah lalu lintas.

Artikel Terkait