FIDE Bekukan Federasi Catur Mesir Gegara Berutang

FTNews – Federasi Catur Dunia (FIDE) telah membekukan Federasi Catur Mesir akibat permasalahan yang mereka alami pada Oktober 2023 lalu.

Pada tanggal 14-27 Oktober 2023, FIDE menyelenggarakan turnamen FIDE World Cadet Championship di Mesir. Turnamen ini merupakan turnamen catur untuk anak-anak di bawah 8, 10, dan 12 tahun.

Namun, sebanyak 172 peserta yang berasal dari 12 federasi yang berbeda tidak dapat atau menolak untuk datang ke turnamen ini. Hal ini dikarenakan sebuah tragedi terjadi pada 7 Oktober 2023, di mana Hamas, kelompok pejuang kemerdekaan Palestina, melakukan serangan besar-besaran kepada Israel di Gaza.

Oleh karena itu, banyak peserta yang mempertimbangkan keselamatan mereka dan memilih untuk tidak datang ke dalam turnamen ini.

“Terkait tragedi pada 7 Oktober 2023, banyak federasi dan peserta individu tidak dapat hadir/menolak untuk berpartisipasi dalam turnamen berkaitan dengan keamanan mereka,” tulis FIDE dalam sebuah surat terbuka.

Dampak dari Insiden Hamas di Gaza

Federasi Catur Mesir. Foto: FIDE

Imbas dari kejadian ini, Federasi Catur Mesir harus mengembalikan uang-uang dari federasi atau peserta yang tidak dapat hadir. Namun, mereka sampai saat ini belum mengembalikan uang tersebut.

Selain itu, FIDE mengatakan bahwa Federasi Catur Mesir belum memberikan dokumen atau pun informasi terkait daya yang tidak dapat kembali. Tidak hanya itu, mereka juga tidak mulai melunasi utang mereka.

Imbas dari kejadian ini, FIDE membekukan Federasi Catur Mesir. Akibatnya, mereka tidak akan dapat menyelenggarakan turnamen ber-rating FIDE dan memberi representatif di acara FIDE.

Mulai dari 8 Maret 2024, para pecatur Mesir akan berada di bawah bendera FIDE, bukan bendera Mesir. Tetapi, mereka dapat bermain di bawah bendera Mesir dalam turnamen catur di African Games 2024.

BACA JUGA:   Nova Arianto Puas dengan Hasil Seleksi Tim U-16 Indonesia

Restriksi ini akan mereka cabut setelah Federasi Catur Mesir membayar lunas seluruh utangnya kepada FIDE. Baru kemudian, para pecatur dari Mesir dapat bertanding menggunakan bendera Mesir kembali.

Komite Olimpiade Nasional Mesir mengatakan bahwa mereka akan membayar utang-utang tersebut dalam waktu dekat. Selain itu, mereka juga akan merombak manajemen dari Federasi Catur Mesir.

Artikel Terkait

Kandaskan Jabar, Jateng Sukses Rebut Juara Umum Cabor Bulu Tangkis

FTNews, Deli Serdang--- Tim bulu tangkis Jawa Tengah (Jateng)...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...