Garuda Pertiwi Tak Utamakan Strategi Melawan Korea Utara

FTNews – Ingin keluar dari masa terpuruk, Garuda Pertiwi tak utamakan strategi menjelang lawan Korea Utara di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (12/5). Hal seperti ini mereka lakukan buntut kekalahan dua pertandingan sebelumnya.

Garuda Pertiwi mengalami kekalahan dua laga cukup telak. Mulai dari melawan Filipina babak belur hingga 6-1 serta tidak bernafas dari Korea Selatan 12-0. Upaya untuk mengurangi kesalahan, pelatih Satoru Mochizuki lakukan.

“Kita menghadapi Korea Utara tidak ada latihan khusus untuk laga nanti, jadi paling saya hanya melakukan hal yang penting dan mendasar pada saat latihan hari ini. Hal mendasar itu adalah kontrol umpan, tendangan, dan koordinasi antarlini,” ujar Satoru dalam PSSI.

Pelatih Tim U-17 Wanita Indonesia, Satoru Mochizuki (Foto: PSSI)

Hal seperti itu ia lakukan agar permainan tim wanita kelompok usia ini dapat meningkat baik. Karena ia melihat bahwa dengan timnya yang masih tergolong muda belum seumur jagung ini, masih perlu mendapatkan pelatihan mendalam.

Pelatih asal Jepang ini sangat mewaspadai kemampuan dari tim lawan. Terlebih ini menjadi pertandingan terakhir untuk mereka dalam Piala Asia U-17 wanita. Sehingga akan memaksimalkan pertandingan yang ada.

Tim U-17 Wanita Indonesia. (Foto: PSSI)

“Saya pikir di antara tim lain (di Grup A) Korea Utara ini tim yang paling cepat dan agresif. Untuk itu kami berusaha mengimbangi permainan Korea Utara dengan permainan dasar kami,” ungkap mantan pemain timnas Jepang 80 an.

Semangat Garuda Pertiwi

Walaupun tim lawan memang tergolong jauh lebih kuat dari Garuda Pertiwi. Tetapi tida membuat surut asa para pemain dan pelatih.

Garuda Pertiwi. (Foto: PSSI)

Dalam hal ini Satoru juga sudah melakukan analisis terhadap permainan dari tim yang pernah menjadi juara sebanyak 3 kali tahun 2007, 2013 dan 2017.

BACA JUGA:   Dokter Pastikan Madura United Masih Harus Kehilangan Hugo Gomes

“Saya rasa mereka bukan hanya bermain dengan mengandalkan umpan silang, tapi Korea Utara itu terutama mengandalkan kecepatan ya. Kita mungkin tidak bisa menghilangkan kecepatan dari pemain lawan tapi kita coba mengadaptasi atau coba antisipasi kecepatan dari pemain lawan. Saya kira pemain menyadari itu dan kita coba terapkan di latihan ini,”  tuturnya.

@timnasindonesia

BISA! BISA! BISA! ✊🦅 KitaGaruda BersamaGaruda GarudaMendunia GarudaPertiwi

♬ original sound – Timnas Indonesia – Timnas Indonesia

 

Artikel Terkait