Gereja Katedral Jakarta Gelar Ibadah Natal “Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain”

Forumterkininews.id, Jakarta – Ratusan orang mengenakan pakaian rapi nan elegan tampak berteduh dibawah tenda halaman Gereja Katedral Jakarta. Mereka dengan khusyuk berdoa sambil menunduk dan mengepalkan kedua tangan saat menjalankan ibadah Misa Malam Natal 2022, pada Sabtu (25/12) siang.

Sejumlah anggota kepolisian, TNI, dan juga pengamanan lain selalu sigap berjaga di pintu untuk memeriksa orang yang akan mengikuti ibadah di dalam Gereja Katedral Jakarta.

Sang Romo, Hani Budi Hartoko mengenakan jubah berdiri di hadapan para jemaat memimpin jalannya ibadah Misa Malam Natal dengan diiringi nyanyian oleh sekelompok pemuda dari paduan suara paroki katedral jakarta.

Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral, Susyana Suwadie mengatakan tema ibadah Natal 2022 ini bertemakan pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.

“Tema natal untuk tahun ini adalah tema yang mengikuti tema bersama dari Konferensi Wali Gereja Indonesia dan Persekutuan Gereja-gereja Indonesia yang mengambil tema kutipan dari injil matius bab 2 ayat 12 yaitu ‘pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain’ itu adalah tema kami,” kata Susyana, dalam keterangannya, Sabtu (24/12).

Sementara itu perayaan Ibadah Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta masih menggunakan dua cara yakni secara daring maupun luring.

“Ya jadi misa pada malam natal ini ada tiga kali, dan ada satu kali yang hybrid jadi bisa diikuti oleh teman-teman kurang sehat ataupun yang memiliki komorbid itu bisa melalui online,” ucap Susyana.

Kemudian pada ibadah Misa Malam Natal 2022 ini pihak Gereja Katedral Jakarta menyiapkan sekitar 2.200 kursi untuk para jemaat yang mengikuti ibadah secara langsung.

“Untuk masa sekarang ini Gereja Katedral bisa menampung sekitar kurang lebih 2200. Jadi di dalam gereja itu sekitar 800 kemudian disamping ada plaza maria dan hingga ke gua maria bisa 550. Kemudian ada lagi di tenda depan gereja menampung 500 dan tenda di halaman aula belakang itu 300,” ujar Susyana.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...