Hari ini, AG Ajukan Pleidoi Tuntutan Empat Tahun Pembinaan di LPKA

Forumterkininews.id, Jakarta – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan kembali menggelar sidang lanjutan terhadap terdakwa anak AG. Terkait pleidoi atau nora pembelaan atas tuntutan empat tahun pembinaan di LPKA akibat kasus penganiayaan David.

Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Djuyamto membenarkan adanya sidang lanjutan terhadap terdakwa anak AG tersebut.

“Sidang beragendakan pembacaan pembelaan (pleidoi),” ujar Djuyamto, dalam keterangannya, Kamis (6/4).

Sementara itu sidang akan digelar secara tertutup di ruang sidang anak sarwata atau ruang sidang 7 Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Sidang digelar pada pukul 13.00 WIB,” kata Djuyamto.

Kemudian sidang lanjutan terhadap AG masih dipimpin oleh ketua majelis hakim tunggal Sri Wahyuni Batubara.

AG Dituntut Empat Tahun Pembinaan

Terdakwa Anak AG dituntut empat tahun pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Terkait kasus penganiayaan David (17), anak pengurus GP Ansor yang terjadi beberapa waktu lalu.

Hal ini dinyatakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jaksel, Syarif Sulaeman Nahdi, usai digelarnya sidang tuntutan terdakwa anak AG, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Rabu (5/4).

“Kemudian terhadap yang bersangkutan (AG) itu adalah salah satunya dituntut hukuman pidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) selama 4 tahun,” kata Syarif.

Sementara itu adapun tuntutan ini akibat AG terbukti bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan berat yang dilakukan berencana.

“Jadi tuntutan dari JPU adalah menyatakan anak berkonflik dengan hukum itu terbukti bersalah melakukan tindak pidana pasal 355 ayat 1 KUHP,” ucap Syarif.

Sementara itu adapun hal yang memberatkan tuntutan hukuman terdakwa anak AG diantaranya yaitu karena perbuatan anak berkonflik dengan hukum ini menyebabkan luka berat.

Kemudian adapun hal yang meringankan tuntutan hukuman terhadap AG yakni anak ini diharapkan bisa memperbaiki perbuatannya dikemudian hari.

Artikel Terkait