Hari Musik Nasional: Momen Tepat Benahi Industri Musik Indonesia

Forumterkininews.id, Jakarta – Setiap tanggal 9 Maret, Indonesia akan merayakan Hari Musik Nasional. Tahun ini, jadi momentum tepat untuk mulai mempelajari literasi dan membenahi industri musik Indonesia.

Hal itu diungkapkan Direktur Industri Musik, Seni, Pertunjukan dan Penerbitan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Mohammad Amin.

“Industri musik kita sudah berjalan dengan bagus walau mungkin saat ini ada permasalahan seperti royalti dan sebagainya. Akan sangat baik bila semua pemangku kepentingan bisa bergandengan tangan membenahi industri musik sesuai dengan aturan yang telah disepakati,” kata Amin.

Amin mengatakan bahwa peringatan Hari Musik Nasional bisa menjadi selebrasi bagi bangkitnya industri musik lokal. Sekaligus momentum untuk memaknai musik bukan hanya sebagai produk budaya dan produk identitas. Tetapi juga produk diplomasi dan produk kreatif yang mensejahterakan banyak orang.

“Semangat ini yang harus kita lihat dari peringatan Hari Musik Nasional. Tantangan di era globalisasi adalah bagaimana kita bisa kuat dan beradaptasi. Misalnya dengan mengedepankan diferensiasi produk atau membentuk konstruksi lokal yang kemudian mengglobal,” jelasnya.

Menurut Amin, musisi lokal memiliki potensi bagus dan terbukti mampu mengolah seni tradisional dan kontemporer sehingga memiliki daya tawar kuat ke dunia internasional.

“Kita bisa lihat contohnya saja lagu ‘Lathi’ yang ditonton hingga ratusan juta orang di YouTube. Lagu itu sangat unik karena selling point-nya ada pada nada pentatonik Jawa di salah satu bagiannya,” papar Amin.

Artikel Terkait