Indodax Diduga Diretas, Menkominfo Buka Suara

FT News – Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) turut angkat bicara soal Indodax diretas. Aftech menyatakan bahwa Kemenkominfo telah mengetahui dan menerima laporan terbaru mengenai insiden tersebut.

Ketua Umum AFTECH Pandu Sjahrir mengatakan pihak Indodax bakal mengirimkan pesan langsung kepada para pengguna.

“Mereka bilang sudah di-manage well, nanti akan ada pesan langsung dari mereka untuk mengumumkan jumlah yang terdampak. Tetapi katanya 100 persen dari sisi pemakai Indodax aman. Kami mengikuti hour by hour dan sudah dilaporkan juga kepada Kemenkominfo,” kata Pandu, dikutip dari Antara, Kamis (12/9/2024).

Pandu mengatakan dengan maraknya serangan siber pada layanan-layanan di ruang digital dalam beberapa waktu terakhir, pihaknyaterus mensosialisasikan bahwa keamanan siber saat ini perlu diperkuat.

Indodax
Indodax diduga diretas. [Ist]
“Karena ini efeknya sudah menyeluruh, bukan hanya untuk pelaku usaha di bidang kripto tapi juga sudah melingkupi keseharian lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi juga mengatakan pihaknya memang telah menerima laporan tersebut.

Dirinya mengingatkan bahwa ketahanan siber memang menjadi isu prioritas yang perlu dijaga oleh para pelaku usaha khususnya yang merupakan penyelenggara sistem elektronik (PSE).

Sebelumnya diberitakan, layanan pertukaran mata uang kripto, Indodax diduga mengalami peretasan dan mengalami kerugian mencapai Rp 335 miliar akibat transaksi ilegal.

“Indodax, salah satu exchanger crypto di Indonesia diduga kebobolan dengan total kerugian dari transaksi ilegal lebih dari 21,8 juta USD atau sekitar 335 miliar rupiah,” tulis pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto di akun X.

Indodax
Indodax diduga diretas. [Ist]
“CTO Indodax mengkonfirmasi bahwa ada insiden keamanan dan sampai sekarang status Indodax masih maintenance,” sambungnya.

Sedangkan pihak Indodax menyebut mereka menemukan potensi masalah keamanan di platformnya.

BACA JUGA:   Beredar Info Johny G Plate Mundur dari Menkominfo, Partai NasDem: Tidak Benar

“Kami ingin menginformasikan bahwa team security kami menemukan potensi indikasi keamanan pada platform kami,” tulis Indodax di akun X.

Saat ini perusahaan sedang melakukan pemeliharaan menyeluruh guna memastikan seluruh sistem beroperasi dengan normal. Selama proses tersebut, website dan aplikasi Indodax tidak dapat diakses.

“Saat ini, kami sedang melakukan pemeliharaan menyeluruh untuk memastikan seluruh sistem beroperasi dengan baik. Selama proses pemeliharaan ini, platform web dan aplikasi INDODAX sementara tidak dapat diakses.

Indodax memastikan bahwa saldo pengguna tetap aman 100 persen, baik yang berbentuk kripto maupun rupiah.

“Namun jangan khawatir, dapat kami pastikan bahwa saldo Anda tetap 100 persen aman baik secara kripto maupun rupiah,” ungkapnya.

Indodax menyampaikan terima kasih atas kesabaran dan kepercayaan yang telah nasabah berikan.

Perusahaan menyebut proses pemeliharaan dilakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan transaksi pengguna.

“Kami berterima kasih atas kesabaran dan kepercayaan yang telah Anda berikan. Proses ini kami lakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan transaksi Anda. Kami akan segera memberikan pembaruan informasi lanjutan setelah investigasi selesai dilakukan,” tukasnya.

Artikel Terkait

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...

Bukan Google, Gen Z Mulai Gunakan Aplikasi Lain Mencari Informasi di Internet

FT News – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Gen...