Indonesia Kirim 29 Nakes Bantu Korban Banjir Pakistan

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebagai bentuk kepedulian atas musibah banjir yang melanda Pakistan, pemerintah Indonesia mengirim tenaga kesehatan yang akan memberi dukungan kemanusiaan untuk negara di kawasan Asia Selatan itu.

Pelepasan keberangkatan para tenaga kesehatan tersebut, secara simbolis dipimpin langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto di Aula BNPB Jakarta, Kamis (6/19).

Melansir Antara, tenaga kesehatan yang dikirim  berjumlah 29 personel.  Terdiri dari komponen pentaheliks yang meliputi 10 dari TNI, 6 dari Polri, 2 dari Universitas Andalas, 6 dari MDMC dan 5 dari Kementerian Kesehatan RI.

“Hari ini saya melepas tim medis, bantuan kemanusiaan ke Pakistan. Ini sebagai tindak lanjut, kita ketahui bersama pada 27 September 2022, bapak Presiden Joko Widodo sudah melepas bantuan kemanusiaan ke Pakistan, waktu itu diberangkatkan dua pesawat yang membawa bahan kebutuhan atau logistik yang diperlukan para pengungsi di Pakistan,” ujar Suharyanto.

Bantuan tim kesehatan ini juga katanya,  dikirimkan atas permintaan langsung Pemerintah Pakistan ke Pemerintah Republik Indonesia melalui Presiden Joko Widodo.

“Tim kesehatan ini akan bertugas selama satu bulan penuh di Karachi, sebagai wilayah terdampak paling parah,” katanya.

Sesuai rencana, tim kesehatan akan diberangkatkan melalui pesawat Garuda Indonesia dari Lanud Halim Perdanakusuma pada Kamis dini hari pukul 01.00 WIB. Dari Jakarta, tim kesehatan akan mendarat dan bertugas di Karachi, Ibu Kota Provinsi Sindh, sebagai wilayah terdampak paling parah.

“Kenapa di Karachi? Karena wilayah terdampak paling parah ini ada Provinsi Sindh,” ujar Suharyanto.

Artikel Terkait