Ini Dia 3 Kelebihan Membangun Rumah Sendiri

FT News – Memiliki rumah impian menjadi keinginan setiap orang. Ada dua cara memiliki rumah sendiri yaitu dengan membeli langsung dari pengembang dan membangun rumah. Akan tetapi, kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Membeli rumah yang sudah jadi, baik di perumahan mewah maupun pemukiman sederhana. Dengan membeli rumah jadi, kita hanya perlu memilih rumah yang sudah ada dan membelinya dari developer rumah.

Sedangkan membangun rumah berarti kita akan membeli sebuah lahan terlebih dahulu, lalu membangun rumah tersebut. Membangun rumah sendiri dapat membantu kita lebih dekat dengan impian untuk memiliki rumah idaman yang diidamkan selama ini.

Artikel ini akan menjelaskan kelebihan membangun rumah sendiri dan beberapa tips untuk membangun rumah sendiri. Ada beberapa kelebihan membangun rumah sendiri dibandingkan membeli rumah jadi, dikutip dari laman resmi BTN, Sabtu (14/9).

  1.     Bangun sesuai budget

Rumah jadi memiliki tipe yang seragam dan memiliki biaya yang pasti. Jika membangun rumah sendiri, kita bisa membangun rumah sesuai dengan budget yang dimiliki. Kita bebas untuk memilih ingin membangun rumah minimalis atau rumah mewah sesuai dengan budget.

  1.     Desain sesuai dengan keinginan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, rumah jadi adalah rumah yang sudah dibangun oleh developer. Hal ini membuat kita tidak dapat menyesuaikan rumah dengan selera pemilik. Tetapi jika memiliki rumah impian dengan desain tertentu, maka membangun rumah sendiri adalah opsi terbaik.

Bangunlah rumah impian sesuai dengan tata letak, desain, jumlah ruangan serta hal lain yang diinginkan. Selama membangun rumah sendiri, sebaiknya pemilik aktif berkomunikasi dengan arsitek atau kontraktor pembangunan agar rumah yang dibangun bisa semirip mungkin dengan rumah idaman yang dibayangkan.

BACA JUGA:   Kementerian ATR/BPN Inventarisir Masalah Pertanahan di Timur Indonesia

  1.     Memiliki lahan yang lebih luas

Harga rumah yang sudah jadi pada umumnya juga mencakup harga lahan ditambah dengan harga bangunan di atasnya. Namun, luas lahan yang dibeli ini terbatas karena tata letak rumah yang sudah jadi telah ditentukan oleh developer hingga sedemikian rupa.

Lain halnya dengan membangun rumah sendiri. Dengan membangun rumah sendiri, kita bisa memiliki lahan yang lebih luas karena dapat menentukan tata letak rumah. Pastikan tata letak rumah sudah diperhitungkan agar lahan bisa digunakan seefektif mungkin. 

 

Artikel Terkait