Ini Peran Apple Intelligence dan ChatGPT dalam Perangkat iPhone

FTNews – Apple Intelligence dalam iOS 18 akan hadir pada akhir tahun ini. Kabar ini dibagikan dalam WWDC 2024. Selain artificial intelligence (AI) miliknya, Apple menjalin kerja sama dengan ChatGPT. Lalu, apa perbedaan dua teknologi ini dan apakah data pengguna akan aman?

Inovasi AI dalam perangkat Apple mungkin akan membuat pengguna bingung. Apple secara bersamaan meluncurkan rangkaian model AI miliknya sekaligus mengintegrasikan ChatGPT ke dalam perangkatnya.

Jika Apple memiliki AI-nya sendiri, mengapa ia membutuhkan ChatGPT? Mengutip CNN ini adalah penjelasannya.

Apple Intelligence
Foto: Apple

Apple Intelligence akan menjadi asisten pribadi pengguna dalam perangkat iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max. Imbasnya, teknologi ini akan mengambil informasi dalam kontak, pesan, email, dan data lain dalam perangkat. Ia mengklaim data tersebut akan digunakan Apple untuk membuat hidup pengguna lebih mudah.

Perusahaan mengatakan Apple Intelligence bisa menemukan foto yang ambil dari konser itu bertahun-tahun lalu. Kemudian, menemukan lampiran yang tepat untuk dimasukkan ke dalam email.

Sementara, ChatGPT berperan meminta Siri meneruskan pertanyaan dan perintah ke chatbot milik OpenAI ini. Lalu, ChatGPT membantu pengguna menulis dokumen dalam aplikasi Apple. Perusahaan mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk melakukan integrasi dengan model AI pihak ketiga lainnya pada akhirnya.

Apple Intelligence
Foto: Emeritus

Bagaimana Soal Keamanan Data?

Apple Intelligence akan memiliki akses ke berbagai data pribadi, mulai dari komunikasi tertulis hingga foto dan video dalam perangkat. Tampaknya tidak ada cara untuk mencegah teknologi mengakses informasi ini.

Di sisi lain,  ChatGPT tidak akan secara otomatis memiliki akses ke detail pribadi pengguna. Dalam perjanjiannya kepada Apple, OpenAI tidak menyimpan perintah apa pun dari pengguna atau mengumpulkan alamat IP mereka.

Artikel Terkait