Jam Tangan dan Sepatu Gibran Buatan Lokal, Ini Maknanya!

FTNews, Jakarta – Penampilan capres dan cawapres jelang Pemilu 2024 selalu menyedot perhatian publik. Saat debat cawapres pun, Gibran Rakabuming Raka tak luput dari sorotan netizen. Yang nampak terlihat unik adalah jam tangan dan sepatunya.

Dari penelusuran, keduanya adalah produk lokal. Jam tangan Loosewood buatan Solo dan sneakers bermerek Aerostreet. Jam tangan ini dibanderol seharga Rp 650.000. Sedangkan sepatu di kisaran harga Rp 150.000.

Pengamat Psikologi Politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk menilai, pemakaian produk lokal itu, bisa saja simbol pemihakan terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“UMKM ini juga kerap disebut-sebut dalam acara debat tadi malam,” katanya kepada FTNews, di Jakarta, Sabtu (23/12).

Senada pengamat politik Ujang Komarudin berpandangan, sneakers yang Gibran pakai simbol gaya anak muda. Gaya anak masa kini.

Apalagi Pemilu 2024 mayoritas pemilih adalah anak muda.

“Untuk jam tangan lokal mungkin ingin menyatakan ke publik, harus mencintai produk lokal,” imbuhnya.

Debat cawapres Jumat (22/12) malam di Jakarta Convention Center sangat menarik. Suami Selvi Ananda ini tampil memukau, mematahkan asumsi publik selama ini.

Selama berjalannya debat 120 menit, Gibran sangat menguasai panggung. Capres pasangannya Prabowo Subianto dan sejumlah pendukungnya pun hadir dalam debat semalam.

Artikel Terkait