Jelang Pembukaan PON XXI Aceh Sumut, Hotel Berbintang di Medan ‘Full Booking’

FT News

Hampir seluruh hotel yang ada di Kota Medan dan sekitarnya saat ini sudah ‘Full Booking’. Kamar hotel penuh dan sudah dipesan para atlet, pelatih dan seluruh pihak dari berbagai provinsi yang ikut dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh – Sumatera Utara (Sumut) XXI 2024.

Hal ini dikarenakan, acara pembukaan PON XXI Aceh Sumut tinggal lima hari lagi. Selian itu, beberapa cabang olah raga juga sudah memulai bertanding.

Bahkan, bookingan kamar hotel susah berlangsung sejak bulan Juli. Hingga saat ini, banyak pihak yang masih booking dan mencari kamar hotel bisa dihuni.

Seperti halnya Hotel Grand Mercure Medan Angkasa yang memiliki 260 kamar dengan harga kamar bersaing sesuai standar hotel.

“Pesanan kamar hotel sudah ada sejak Juli dan terus naik hingga Agustus dan awal September. Saat ini, pesanan kamar di sejumlah hotel sudah ‘full booking’,”ujar Tinera David Siburian, Marcomm Grand Mercure Medan Angkasa, dalam keterangannya Rabu (4/9).

Di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa, lanjutnya, pesanan kamar sudah ada untuk tanggal 28 Agustus hingga 20 September. Meski begitu, mereka tetap melayani tamu.

“Syukur, Sumut dan Aceh jadi tuan rumah PON XX1. Jadi hunian hotel melonjak tajam, ” ujar Tinera.

Dia menyebut, semua manajemen hotel berharap pesanan kamar benar-benar bisa 100 persen. Seluruh hotel pun katanya sudah mempersiapkan pelayanan untuk para tamu.

“Grand Mercure siap melayani tamu khususnya para atlet, pelatih dan penonton. Sumut harus menjadi contoh tuan rumah PON yang baik, ” katanya.

Sementara itu, Director Of Sales Marketing Grand City Hall Medan Lisa Ngadio menyebutkan hunian hotelnya sudah saat ini sudah terisi sekitar 80an persen.

BACA JUGA:   Empat Mobil Pemadam Kebakaran Datangi Mabes Polri, Ada Apa?

“Manajemen yakin, hunian hotel bisa 100 persen khususnya saat pembukaan dan penutupan PON, ” katanya.

Hal serupa juga terjadi di Hotel Le Polonia. Marcomm Hotel Polonia Medan, Eneng juga mengaku bahwa hunian hotel sudah 70-80 persen terisi.

PON 2024 yang akan dilaksanakan pada 9–20 September 2024 mempertandingkan 65 cabang olahraga (cabor)

Bahkan, sejumlah cabor yang masuk dalam ajang olahraga terbesar Olimpiade seperti akuatik, atletik, angkat besi, anggar, berlayar, panjat tebing, panahan, taekwondo dan tenis juga ikut dipertandingkan pada PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Pada PON 2024,untuk pertama kalinya melibatkan dua provinsi sekaligus sebagai tuan rumah penyelenggara, yakni Aceh dan Sumut.

PON merupakan ajang olahraga nasional di Indonesia yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setiap empat tahun sekali.

Artikel Terkait