Kakorlantas Polri Cek Fisik Jalur Mudik di Tol Cikampek

Forumterkininews.id, Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mempersiapkan skema arus mudik dan arus balik di tol Cikampek. Salah satunya dengan mengecek KM45, KM47, KM69, dan KM70 tol Cikampek.

Firman mengatakan, peninjauan tersebut guna mempersiapkan fisik jalan tol yang akan dilalui pemudik. Dalam hal ini, Korlantas berkoordinasi dengan Jasa Marga saat menghadapi arus mudik dan balik.

“Persiapan fisik jalan tol dan arteri kita kerjakan lagi setelah ini. Untuk memastikan nanti cara-cara apa yang kita siapkan untuk melayani pemudik,” kata Firman dalam keterangannya, Rabu (30/3).

Firman menyebut, berdasarkan analisa awal terkait volume pada momen mudik. Jumlah kendaraan di jalan tol dan arteri diperkirakan cukup tinggi. Namun, Korlantas akan memantau perkembangan ke depannya.

“Nanti kita semua bekerja berdasarkan situasi di lapangan. Kami siapkan langkah antisipasi tingginya arus mudik. Seperti manajemen peningkatan kapasitas jalan, yaitu menambah ruas jalur yang akan digunakan,” tuturnya.

Firman mengungkapkan, nantinya di KM (kilometer) 45, KM 47, KM 69, dan KM 70 tol Cikampek akan dilakukan skema contra flow. Selain contra flow, pihaknya juga sudah menyiapkan skema one way jika terjadi kemacetan panjang saat mudik dan arus balik.

Tambah Volume Kapasitas Jalan

Namun saat ini, sejumlah persiapan masih terus digalakkan dalam rangka mengantisipasi volume lonjakan pemudik saat libur lebaran nanti.

“Untuk menambah kapasitas volume jalan untuk bisa dilalui, tapi ini baru persiapan-persiapan, dimana keluar masuknya, bagaimana pengaturan di pintu tol, semua akan kita cek,” ucapnya.

Tak hanya di KM 45-70, Jalan Tol Cikampek Selatan (Entrance Sadang) turut dilakukan pengecekan. Jalur ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan jika telah beroperasi penuh.

BACA JUGA:   Keluarga RK Sudah Ikhlaskan Eril, Masyarakat Diajak Salat Ghaib

“Besar harapan kami tentunya persiapan ini dari semua aspek, fasilitas sarpras jalan, kemudian para petugas yang akan kita tempatkan, dan yang lebih penting lagi masyarakat yang akan kita layani juga nanti untuk kerjasama dengan apa yang harus kita terapkan untuk kelancaran arus mudik,” tutupnya.

Saat melakukan peninjauan kali ini, Kakorlantas didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi, dan Kaden Wal PJR Korlantas Polri Kombes Pol Juni.

Artikel Terkait