Kapolda Metro Sampaikan Sebuah Pesan untuk Pengendara

Forumterkininews.id, Jakarta – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto memberikan sejumlah pesan kepada para pengendara roda dua maupun roda empat soal keselamatan dalam berlalu lintas.

Hal ini diungkapkan dirinya saat memberikan amanat dalam menggelar apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Jaya, di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, pada Senin (10/7).

“Yang jelas kita mengharapkan bahwa kita tahu keamanan dan ketertiban bukan hanya semata tanggung jawab Polri. Tapi tanggung jawab kita bersama baik aparat maupun masyarakat,” kata Karyoto.

Lebih lanjut Karyoto memberikan pesan kepada pengendara agar selalu mengecek kesehatan serta kesiapan perlengkapan pribadi sebelum melakukan perjalanan.

“Kepada para pengguna moda transportasi kendaraan bermotor sebelum berkendara pertama adalah mengecek kesiapan perlengkapan pribadi, kesehatan. Kita bisa bayangkan orang yang mabok kalo naik motor bisa membahaykan dirinya sendiri. Maupun orang lain dan ini pernah terjadi,” ucap Karyoto.

Sementara itu para pengendara juga perlu menyiapkan kelengkapan kendaraan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan saat tengah berpergian.

“Setelah kesiapan pribadi pengendara, baru kesiapan pengendara bermotor, alat kelengkapanya, remnya, surat-surat, spion, dan lainnya. Bahkan kadang kita lupa bahwa ban nya gundul itu akan berbahaya. Apalagi masuk jalan tol yang kecepatan minimal 60km/jam,” ujar Karyoto.

Selain itu ia juga meminta agar para pengendara fokus pada keselamatan dirinya dan orang lain atau jangan melakukan tindakan yang mengurangi konsentrasi.

“Pada saat berkendara harus fokus betul-betul untuk keselamatan dirinya dan orang lain. Artinya tidak bermain dengan hp, menelpon sambil menyetir,” tukas Karyoto.

Kemudian Karyoto juga mengharapkan agar pengguna jalan selalu mentaati rambu-rambu dan marka yang dilewati seperti jalur sepeda, jalur cepat, jalur-jalur khusus busway.

BACA JUGA:   Untuk Pengembalian Kerugian Negara, Tiga Bidang Tanah Milik Johnny Disita

“Kalau ini bisa dilaksanakan dengan baik, pendisiplin masyarakat akan meningkat dan tujuan akhir adalah terjadinya keamanan, kelancaran, dan ketertiban. Dalam berlalu lintas dan mengurangi korban jiwa akibat berlalu lintas,” ungkap Karyoto.

Artikel Terkait