Kapolda Sumut Tegaskan Siap Sukseskan Pilkada 2024 yang Aman dan Damai

FTNews.co.id, MEDAN – Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto menegaskan Polda Sumut bersama dengan Forkopimda Sumut siap menyukseskan Pilkada serentak, Rabu (21/8/2024).

“Kami Forkopimda Sumut, Pak Gub, Pangdam, Kajati, dan lainnya sudah kompak dan bergandengan tangan menjaga kamtibmas dengan aman dan tertib,” katanya usai acara Silaturahmi Kamtibmas Kapolda Sumut di Medan.

Lebih lanjut, Whisnu juga mengajak masyarakat turut menyukseskan Pilkada serentak di Sumut dengan tenang dan gembira.

“Tinggal kita bersama sama menjalankan Pilkada serentak dengan tenang dan gembira,” ajak Whisnu.

Hal senada juga dikatakan (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni yang mengajak masyarakat menyukseskan Pilkada serentak 2024 di Sumut.

Menurutnya, kesuksesan Pilkada di Sumut bisa menjadi barometer kesuksesan Pilkada di Indonesia.

“Suksesnya Pilkada Sumut bisa menjadi barometer suksesnya Pilkada di Indonesia,” kata Fatoni.

Sumut dapat menjadi barometer diantaranya merupakan provinsi yang penduduknya multietnis. Fatoni pun optimis, suasana kondusif dan harmoni yang telah terjalin dapat terus terjaga di Sumut.

Fatoni juga mengajak masyarakat untuk menjaga iklim kondusif di Sumut. Salah satunya dengan tidak menyebarkan berita hoax atau berita bohong yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

Diketahui, Polda Sumut mengerahkan personel sebanyak 12.172 orang, dan dari instansi terkait 52. 966 orang dengan perincian 2.848 personel TNI dan 50.118 merupakan anggota Linmas.

Polda Sumut juga memetakan daerah-daerah yang masuk dalam kategori aman hingga rawan di Pilkada 2024. Pola pengamanan di TPS yang masuk kategori aman, rawan dan sangat rawan akan berbeda.

Untuk kategori aman, nantinya hanya dijaga oleh personel TNI atau anggota Polri. Sedangkan daerah yang rawan akan dijaga oleh personel TNI dan polri sekaligus.

BACA JUGA:   Pasca Pandemi, Penjualan Toyota di PRJ Meningkat
Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, SIK MH /Foto: Polda Sumut

Dalam pengamanan Pilkada ini, Kapolda Sumut Irjen Pol. Whisnu Hermawan menyampaikan 3 poin penting ke personel gabungan saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pilkada 2024.

Apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Toba 2024 ini berlangsung di Lapangan K.S Tubun, Polda Sumut, pada Senin (19/8/2024) kemarin. Ia menyampaikan 3 poin penting kepada pasukan gabungan yakni pertama, pentingnya menjaga netralitas.

Kedua, menjalin koordinasi yang baik antar instansi, serta poin ketiga, menyiapkan diri untuk menghadapi segala potensi gangguan yang mungkin muncul selama tahapan Pilkada berlangsung.

“Kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam memastikan Pilkada Serentak 2024 di Sumatra Utara dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” ujarnya.

Irjen Whisnu Hermawan menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh elemen keamanan di Sumut, dalam menghadapi tahapan-tahapan Pilkada serentak yang akan datang.

 

 

 

Artikel Terkait