Kemenkes: 14 Provinsi Konsisten dalam Penurunan Covid-19, Termasuk DKI Jakarta

Forumterkininews.id, Jakarta- Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mencatat 14 provinsi yang konsisten dalam penurunan kasus konfirmasi harian COVID-19. 14 provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB. Kemudian Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat.

Selain itu, 7 provinsi lain tercatat kasus hariannya sudah melandai yakni Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat. Kemudian Gorontalo, Bengkulu, dan Lampung. Faktor inilah yang juga membuat posisi perawatan pasien di rumah sakit melandai. Karena kontribusi pasien di daerah dengan populasi besar juga turun. Hingga Selasa (1/3), pasien dirawat di rumah sakit secara nasional turun menjadi 34% dari hari sebelumnya di posisi 35% (28/2).

“Meski dalam pantauan kami masih ada beberapa provinsi di Jawa dan luar Jawa yang meningkat. Tapi secara agregat kita melihat penanganan pandemi membaik. Karena provinsi dengan kota-kota besar padat penduduk sudah melewati puncaknya,” ujar Nadia.

Perbaikan indikator penanganan pandemi juga tampak dari angka kesembuhan pasien di rumah sakit yang terus meningkat secara nasional. Hingga Senin (28/2), angka kesembuhan pasien ada di posisi 43.992. Angka ini lebih baik dari hari sebelumnya Minggu (27/2) yang ada di posisi 39.384.

Namun demikian, data menunjukkan risiko kematian tertinggi masih terjadi pada pasien yang belum menerima vaksinasi lengkap, lansia, dan memiliki komorbid. Dari catatan Kemenkes pada 5.013 pasien yang meninggal akibat COVID-19 dari 21 Januari-26 Februari 2022, komorbid terbanyak yang ditemukan di pasien meninggal adalah diabetes melitus dan bahkan 21% pasien memiliki komorbid lebih dari satu.

“Hingga Sabtu (26/2), dari 5.013 pasien yang meninggal akibat COVID-19, 69% belum divaksinasi lengkap, 57% di antara pasien meninggal tersebut adalah lansia dan 45% memiliki komorbid,” jelas dr. Nadia.

BACA JUGA:   Musim Liburan, Turis China Wajib Tes Covid-19 saat Masuk AS

 

Artikel Terkait