Kementerian ATR/BPN Luncurkan Loket Pelayanan di Pusat Perbelanjaan
Nasional

Forumterkininews.id, Jakarta - Gerak cepat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam melayani masyarakat di bidang pertanahan dan tata ruang terus diwujudkan melalui berbagai inovasi. Kali ini, inovasi diluncurkan Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan berupa loket layanan pertanahan yang dibuka di pusat perbelanjaan, yakni AEON Mall Tanjung Barat.
Inovasi Gerak Cepat layanan atau yang diberi nama G-Mall ini, terinspirasi dari kondisi Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Dimana kantor pertanahan Jakarta Selatan berada di dalam kawasan yang masuk gang. Hal ini menyulitkan akses bagi masyarakat mendapatkan layanan pertanahan dan tata ruang.
Maka dari itu, Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan upaya lebih mendekat kepada masyarakat dalam hal pelayanan.
Baca Juga: Edy Rahmayadi ke Ketua Umum PWI: Kembalikan Pers ke Hati Rakyat
Apresiasi
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Haya Nirmawati memberikan apresiasi kepada jajaran Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan.
"Selamat kepada Bapak Kepala Kanwil dan Bapak Kepala Kantah karena telah mewujudkan layanan prima bagi masyarakat," ujar Yulia Jaya Nirmawati, Jumat (13/5).
Baca Juga: Jokowi: IKN Bukan Hanya untuk ASN
Menurutnya perwujudan inovasi dalam melayani masyarakat saat ini sangat dibutuhkan, terlebih dalam hal percepatan penyampaian informasi layanan pertanahan kepada masyarakat.
"Dengan adanya loket di pusat perbelanjaan, tentu masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi. Terkait apa saja persyaratan dalam layanan yang dibutuhkan," tutur Yulia Jaya Nirmawati.
Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Dwi Budi Martono yang hadir secara langsung meresmikan G-Mall berkata, saat ini informasi merupakan hal yang penting dan perlu cepat disampaikan kepada masyarakat. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman.
"Hari ini Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan menjawab tantangan dalam celah komunikasi. Antara kita yang bekerja dengan yang dilayani, yaitu masyarakat," ucapnya.
Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Selatan, Sigit Santosa menjelaskan, tahap awal, ada tiga layanan pertanahan yang dapat diakses masyarakat.
Layanan tersebut antara lain pengambilan produk, validasi data pertanahan, dan informasi pertanahan. Untuk layanan validasi dan pengambilan produk, masyarakat dapat melakukan konfirmasi sehari sebelum mendatangi loket G-Mall melalui nomor Whatsapp 08111240912.