KKB Diduga Bakar Gedung SMK Negeri 1 Oksibil, Tidak Ada Korban Jiwa

Forumterkininews.id, Jakarta – Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diduga melakukan pembakaran SMK Negeri 1 Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua, Senin (9/1/2023). Kini situasi di lokasi kurang kondusif.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan peristiwa kebakaran gedung sekolah tersebut. Ia menyampaikan, aparat kepolisian langsung bergerak ke lokasi peristiwa tersebut untuk menangani proses penyelidikan.

“Pasti langsung diantensi oleh Polda, Polres, dan Satgas Damai Cartenz untuk mengamankan situasi dan ungkap pelakunya,” kata Dedi saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Senin (9/1).

Namun Dedi belum menjelaskan lebih jauh terkait pembakaran SMK Negeri 1 Oksibil. Bahkan juga belum diketahui aparat kepolisian melakukan pengejaran terhadap Orang Tak Dikenal (OTK) yang diduga melakukan pembakaran.

“Nanti diteruskan ke Polda Papua,” ujar Dedi.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady mengatakan bahwa kebakaran itu menghanguskan sejumlah ruangan di gedung sekolah SMK Negeri 1 Oksibil, Papua.

“Betul telah terjadi pembakaran gedung SMK Negeri Oksibil yang terdiri dari 1 ruang guru dan 1 ruang kelas,” kata Ignatius Benny saat dihubungi dari Jakarta, Senin (9/1).

Saat kejadian kebakaran, aktifitas kegiatan belajar-mengajar tengah diliburkan. “Sementara tidak ada kegiatan siswa belajar (masih libur),” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, Personel Polres Pegunungan Bintang yang dipimpin AKBP M Dafi Bastomi bersama TNI dan Brimob sudah mendatangi TKP.

“Diduga pelaku dari KKB sudah meninggalkan lokasi, sementara dalam proses penyelidikan lebih lanjut,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa kejadian kebakaran SMK terjadi pada pukul 10.50 WIT dan dilaporkan masyarakat pukul 11.00 Wit.

“Dan tidak ada korban dari kejadian tersebut,” sambungnya.

 

Artikel Terkait