KNKT Analisa Percakapan Pilot Usut Penyebab Jatuhnya Pesawat Latih di Tangsel

FTNews – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tengah melakukan investigasi soal jatuhnya pesawat latih  PK-IFP. Peristiwa yang menewaskan tiga orang ini terjadi di Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu (19/5).

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono mengatakan bahwa pihaknya akan menganalisa percakapan pilot dengan petugas pengaturan lalulintas udara. Hal ini termasuk dalam tahapan investigasi kecelakaan pesawat.

“Dilakukan investigasi selanjutnya. Tapi nanti setelah menunggu informasi-informasi yang lain setelah apa yang kita bongkar. Termasuk percakapan dengan menara pengawas, itu nanti kita dengarkan,” kata Soerjanto, dalam keterangannya, pada Senin (20/5).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pihaknya juga akan menganalisa sejumlah serpihan yang ada dalam bagian pesawat PK-IFP tersebut. Nantinya ini dapat membantu dalam mengumpulkan data-data penyebab terjadinya kecelakaan pesawat tersebut.

“Kita mencatat ada mesin yang jatuh di sebelah sana (tempat terjatuhnya pesawat, Red). Kemudian ada baling-baling yang jatuh. Kita juga catat semua posisi-posisinya. Itu nanti dari posisi jatuhnya mencoba bagaimana sikap pesawat ketika terakhir sebelum menabrak pohon,” jelas Soerjanto.

Sementara itu Soerjanto menyebutkan saat ini seluruh puing dan badan pesawat telah dibawa ke Pondok Cabe untuk dilakukan penyelidikan dan investigasi lebih lanjut.

“Layak atau tidak, kami belum bisa bicara. Karena kan masih harus mempelajari dulu data-data semuanya,” tukas Soerjanto.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...

Tiru Anies Baswedan, Ini 4 Cara Ridwan Kamil Menarik Hati Warga Jakarta 

FTNews - Ketiga pasangan calon gubernur Jakarta hampir pasti...