Konsumsi Air Putih saat Puasa Pakai Rumus 2-4-2

FTNews – Asupan air putih yang cukup sangat mendukung kelancaran menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Pasokan air putih atau mineral ini bisa memakai rumus 2-4-2.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, satu bulan ke depan jadwal makan dan minum berubah. Bisa menyebabkan kita tidak produktif karena kurangnya asupan.

“Oleh karena itu pastikan selama puasa minum 8 gelas air sehari. Dengan rumus 2-4-2. Dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari dan dua gelas saat sahur,” katanya dalam unggahan di @bgsadikin yang dikutip, Senin (11/3).

Menurutnya, puasa itu bukan menjadi alasan untuk tidak menjaga kesehatan.
Melansir laman Kementerian Kesehatan, tubuh membutuhkan air mineral sebanyak 1 sampai 2,5 liter atau setara dengan 6-8 gelas setiap harinya.

Jika tidak dapat mengatur asupan air saat berpuasa, maka akan merasakan haus ketika berpuasa. Apalagi bila ada masalah lain seperti bibir kering dan pecah-pecah, dan merasa lemas.

Konsumsi air putih yang cukup ketika puasa bukan hanya menghindarkan dari penyakit, tetapi juga membuat puasa berjalan lancar.

Asupan minum air putih yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Foto: AtmaGo

Berikut manfaat konsumsi air putih yakni:

1. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat minum air putih yang cukup saat puasa dapat menyehatkan pencernaan. Apalagi selama bulan puasa keluhan sembelit dan sakit maag terkadang menyerang.

2. Mempertahankan Energi dalam Tubuh

Manfaat minum air putih yang cukup ketika puasa dapat menjaga tubuh tetap berenergi. Kekurangan cairan dapat membuat tubuh merasa lemas, mudah lelah, dan tidak berenergi.

3. Hidrasi Tubuh

Air putih dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian.

4. Memelihara Kesehatan Kulit

Konsumsi air sebanyak 8 gelas per hari merupakan salah satu perawatan kulit yang sebaiknya dilakukan termasuk pada saat bulan puasa.

BACA JUGA:   Profesor Kedokteran Ancam "Resign" Massal, Korea Selatan Panik

5. Bantu Penurunan Berat Badan

Air putih membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah. Minum air putih dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak.

6. Kurangi Racun dalam Tubuh

Air putih hangat dapat berperan sebagai detoksifikasi tubuh.

Artikel Terkait