Lagi, Anggota TNI Gugur Setelah Terbawa Arus Sungai Puncak Jaya, Papua

Forumterkininews.id, Jakarta – Anggota TNI Angkatan Darat berpangkat Letnan Dua (Letda) berinisial RA meninggal dunia setelah terpeleset dan hanyut di sungai Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah, Selasa (31/1).

Perwira TNI tersebut diketahui sebagai Komandan Pos (Danpos) Tetineri Satgas Yonif RK 113/JS. Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman menjelaskan peristiwa itu terjadi kemarin sekitar pukul 13.00 WIT.

“Benar telah terjadi insiden tersebut pada hari Selasa (31/1) pukul 13.00 WIT, bertempat di Pos Terineri Satgas Yonif RK 113/JS, Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah,” kata Herman dalam keterangan tertulis, Rabu (1/2).

Ia tidak menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Herman hanya bilang korban sempat dievakuasi menuju RSUD Mulia Kabupaten Puncak Jaya untuk mendapatkan pertolongan medis.

Namun pada Pukul 18.40 WIT korban dinyatakan meninggal dunia oleh dokter. Herman mengatakan korban direncanakan untuk diterbangkan Bandara Mulia ke Bandara Mozes Kilangan Timika, pada hari ini, Rabu.

“Selanjutnya dari Timika diberangkatkan ke Yogyakarta,” katanya.

Sebelumnya, insiden hanyut di sungai juga terjadi di Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (28/1). Empat orang yang terdiri dari satu orang personel Yonif 143/TWEJ bernama Pratu F dan tiga anggota kepolisian hanyut dalam kecelakaan jembatan putus saat menyeberangi Sungai Digoel.

Kecelakaan jembatan putus terjadi Sabtu (28/1) disebabkan pohon pengikat jembatan gantung tumbang. Hal ini menyebabkan empat personel yang baru melangkah di jembatan gantung terjatuh ke sungai hingga dilaporkan hilang. Pencarian terhadap tiga personel Polres Pegubin saat ini masih dilakukan dibantu masyarakat sekitarnya.

Artikel Terkait